6 Wisata Alam di Pati yang Memikat Hati, Cocok Dikunjungi Saat Tahun Baru

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kabupaten Pati menjadi salah satu wilayah di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki keindahan yang mempesona. Beragam wisata dan aneka kerajinan terdapat di wilah di pesisir Pantai Pulau Jawa ini. 

Bagi yang belum memiliki tujuan liburan tahun baru, tak ada salahnya mencoba mengunjungi destinasi wisata yang ada di Pati. Mengutip situs tic.patikab, ada 5 wisata alam yang menakjubkan untuk dikunjungi. 

Selain lokasinya mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi, untuk tiket masuknya juga tidak bikin kantong bolong. Berikut ini 6 rekomendasi wisata alam di Pati:

 

1. Agrowisata Kebun Jollong

Agrowisata Kebun Jolong merupakan satu diantara beberapa obyek wisata Pati yang juga berada di desa Sitiluhur, kecamatan Gembong. 

Jarak tempuh untuk menuju Agrowisata Kebun Jollong sekitar 18 km dari pusat kota.

Harga Tiket Masuk & Wahana:

1. Tiket Masuk Jollong1    Rp 15.000,-

2. Tiket Masuk jollong 2    Rp 10.000.-

3. Garden Valley              Rp.  5.000,-

4. Terapi Ikan                  Rp.  5.000,-

5. Outbond Kids              Rp.10.000,-

6. Kolam kecek Jollong 2  Rp.10.000,-

Di lokasi ini juga dilengkapi dengan lapangan tennis, taman bunga, kereta wisata yang siap mengantar berkeliling menikmati indahnya pemandangan alam di perkebunan dan warung agro yang siap menyajikan makanan yang dapat memanjakan lidah dan perut pengunjung. Bagi yang ingin memesan tiket dapat menghubungi di nomoe 085 742 864 887 (Wawan) / 085 641 082 898 (Cicik).

2. Agro Kopyor Kenanti

Lokasi dari Agro Kopyor Kenanti berada di Krajan Kinanti, Desa Kenanti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. Wisata di Bumi Mina Tani ini menawarkan pengalaman rekreasi keluarga sekaligus edukasi. 

Kelapa Kopyor di Desa Kenanti saat ini dikelola Ismail, warga setempat. Sesuai namanya, di tempat itu sendiri ada sekitar 50 pohon kelapa. Pohonnya pendek-pendek. Hanya tiga meteran tingginya, pohon sudah lebat berbuah. 

Agrowisata ini mulai dibangun awal 2016 lalu, dimulai dengan penanaman pohonnya. Lalu di tahun 2019 pohon sudah berbuah, dan Ismail mulai membukanya untuk umum.

3. Arga Pesona Beketel

Lokasi dar Arga Pesona Beketel berada di Desa Beketel Kecamatan Kayen atau 28 KM dari pusat kota. Wisata satu ini terdapat di pegunungan Kendeng dan cocok untuk melepas segala kepenatan dan kesibukkan. 

Sekilas objek wisata tersebut berkonsep gardu pandang. Setiap pengunjung disuguhkan hamparan bumi dari titik tertingginya. Tak salah jika tempat ini diberi nama Arga Pesona.

Arga Pesona juga memiliki nama lain yakni "Tranggulasi" atau juga "Puncak 0 KM". Hal ini dikarenakan di titik ini merupakan perbatasan antara kabupaten Pati dan Kabupaten Grobogan. 

Desa Beketel sendiri merupakan salah satu desa di ujung paling selatan Kabupaten Pati. Sehingga merupakan salah satu titik perbatasan di bagian selatan Pati.

Destinasi yang berada di perbatasan Kabupaten Pati dan Grobogan ini terus berbenah untuk semakin memanjakan pengunjung. Selain penambahan spot-spot foto yang menarik, penambahan fasilitas penunjang juga terus diupayakan.

4. Embung Mini Jrahi

Embung mini tersebut berlokasi di Dusun Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati. Memiliki jarak tempuh 37 Km dari pusat kota.

Embung Mini Jrahi merupakan tempat untuk menampung kelebihan air yang terjadi pada musim hujan untuk persediaan di desa saat musim kering. 

Selama musim kering air akan dimanfaatkan oleh desa untuk memenuhi kebutuhan penduduk dan biasanya digunakan untuk menyirami benih-benih pohon durian milik warga setempat. 

Tidak hanya itu, tempat ini juga sering digunakan masyarakat setempat untuk sekadar melepas penat dan menikmati pemandangan pegunungan di Desa Jrahi. Untuk akses menuju ke tempat ini jalannya masih bebatuan.

5. Pancur 9

Pembangunan pancur 9 (pancuran sembilan) yang terletak di desa Jrahi Gunungwungkal Kabupaten Pati adalah atas dasar pengembangan wisata dan juga sebagai wujud syukur terimakasih kepada alam yang telah memberikan sumber kehidupan kepada masyarakat.

Sebab, air dari pancur 9 merupakan salah satu sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat desa Jrahi.

6. Pesona Gunungsari

Pesona Gunungsari sendiri berlokasi di Dukuh Pangonan, Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu. Persis berada di bawah lereng Pegunungan Muria bagian timur. Jarak dari kota kurang lebih 23 KM

Di area Gunungsari terdapat tiga objek wisata yaitu hutan pinus pangonan, air terjun toyo manik, dan air terjun jenar. Di mana lokasinya masih dalam kawasan KPH Regaloh RPH Gunungsari.

Di area pepohonan pinus terdapat tanaman kopi yang sengaja ditanam oleh penduduk sekitar untuk mendapatkan hasil yang lebih selain hasil dari pohon pinus tersebut. Daerah tersebut juga penghasil buah langsep, manggis, kopi lanang dan kopi deplok. Lebih lengkap lagi, terdapat kerajinan lampu hiasan dari bambu dan rantang lidi aren sebagai oleh-oleh wisatawan yang berkunjung.

Itulah 6 destinasi wisata alam di Kabupaten Pati. Bagi kalian yang punya rekomendasi wisata lain di Pati dapat mengirimkannya di email kami, agar informasi sektor wisata di Pati semakin lengkap. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS