10 Frasa Penyemangat yang Sering Didengar pada Drama Korea

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Sebagai penikmat Drama Korea atau Drakor, sering bukan mendengar frasa yang berarti menyemangati antar tokoh pemeran.

Nah! frase penyemangat dalam bahasa korea atau Hangeul ini terdapat beberapa makna dan konteks penggunaannya.

Frasa "Hwaiting" atau Fighting" yang artinya semangat ini sudah sering didengar. Namun ada beberapa frasa penyemangat lain yang memiliki arti memberi semangat juga.

Berikut ini ulasan 10 frasa yang berarti memberi semangat, yang sering ditemui pada drama Korea.

 

1. Himnaseyo (힘내)

Pada situasi formal dapat mengucapkan frasa penyemangat Himnaseyo, yang memiliki arti “bertahanlah”. Namun, dalam konteks lain yang serupa juga bisa diartikan "bersemangatlah". Frasa ini dapat diucapkan untuk menyemangati seseorang yang tengah sedih.

 

2. Halsuisseoyo (할 수 있어)

Ungkapan penyemangat selanjutnya adalah "halsuisseoyo" (í•  수 있어) yang berarti "pasti bisa”. Jadi, selain memberi semangat, frasa ini juga sesuai untuk membangun kepercayaan diri seseorang seperti ketika menghadapi ujian atau suatu hal penting lainnya.

 

3. Geokjong hajimayo (정하지 마) 

Kalau mau memberi semangat lewat ungkapan "jangan khawatir", bisa pakai "geokjong hajimayo" (정하지 마). Frasa ini dapat digunakan untuk menenangkan seseorang yang sedang menghadapi masalah.

 

4. Gwenchana (괜찮아)

Jika biasanya sering digunakan untuk ungkapan kabar atau jawaban "baik-baik saja", frasa "gwenchana" (괜찮아) yang artinya “tidak apa-apa” juga bisa untuk menyemangati orang lain yang tengah sedih.

 

5. Da jal doelgeoeyo (다 잘 될 거야) 

Lewat frasa "jaldoelgeoeyo" (다 잘 될 거야), kalimat penyemangat yang diberikan juga bisa sebagai ungkapan untuk membangkitkan keyakinan dalam diri. Frasa ini memiliki arti “semua akan baik-baik saja”.

 

6. Pogihajimaseyo (포기하지마)

Frasa "pogihajimaseyo" (포기하지마) ialah frasa yang memiliki arti "jangan menyerah", jadi pas banget buat kalimat penyemangat.

 

7. Sarangseureowo (자랑스러워) 

"Saya Bangga Padamu", Anda dapat menggunakan frasa ini untuk memberitahu seseorang betapa bangga dan bahagianya Anda dengan pencapaian mereka.

 

8. Sugo hasyeotseumnida (Good Job)

Kalimat penyemangat selanjutnya yang bermakna pujian "kerja bagus" akan sesuai dengan frasa "sugo hasyeotseumnida". Frasa ini dapat digunakan untuk mensupport orang lain dalam situasi yang formal.

 

9. Silsuhaedo Gwaenchanayo (실수해도 괜찮아요) 

Ucapkan kata ini jika Anda mendengar cerita dari kerabat dekat bahwa mereka baru saja melakukan kesalahan dalam kegiatan yang mereka lakukan, "Silsuhaedo Gwaenchanayo" yagnn artinya tidak apa-apa jika Anda membuat kesalahan.

 

10 Guinnaeyo 

Bisa dibilang "guinnaeyo" mirip dengan makna "hwaiting" hanya saja versinya lebih formal. Frasa ini berarti "semangatlah", sebagai pengganti frasa "Hwaiting".

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS