Cocok Jadi Santapan Saat Hujan, Begini Cara Membuat Pelas Palang Khas Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Kabupaten Tuban merupakan daerah yang memiliki potensi kekayaan laut yang luar biasa. Maka tak heran, jika banyak makanan khas pesisir yang dapat ditemui di Kota Legen ini.

Salah satunya ialah Pelas, makanan khas daerah pesisir Tuban yang berada di Kecamatan Palang. Pelas sendiri merupakan makanan yang berbahan utama jagung. Biasanya, orang Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan bakwan jagung.

Menurut salah seoarng masyarakat di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Anisa jika keistimewaan dari Pelas Palang tersebut, ada pada rasanya yang memiliki cita rasa yang unik dibandingkan pelas dari daerah lain.

“Pelas Palang ini mempunyai ciri khas yaitu pedas dan ada campuran udang di dalamnya,” ujarnya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi.

Selain dicampur dengan udang, lanjutnya, dalam membuat Pelas Palang ini terdapat bumbu khusus, yaitu bumbu rempah-rempah jawa. Seperti cabai rawit, cabai keriting, kencur, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunir, hingga kemiri.

Jika seluruh bumbu rempah-rempah jawa sudah disiapkan, maka seluruh bahan tersebut dihaluskan bersama dengan daun jeruk dan juga daun bawang. Jika semua bumbu dirasa sudah siap, barulah jagung muda disisir.

“Jagungnya menggunakan jagung muda, kemudian jagungnya dicampur sama bumbu rempah-rempah jawa, dan dihaluskan bersama udang,” jelasnya,

Lebih lanjut, selain memiliki rasa khas, yang membuat Pelas Palang lebih istimewa lagi yaitu proses penghalusannya. Pasalnya, jika pada umumnya masyarakat menghaluskan jagung menggunakan chooper atau blender.

Maka berbeda dengan proses penghalusan Pelang Palang ini, karena masih menggunakan cara tradisional dengan cara di tumbuk menggunakan alu dan lumpang.  Barulah kemudian dihaluskan menggunakan  cobek.

Jika jagung dirasa sudah halus, dan bumbu sudah merata, barulah Pelas siap untuk digoreng di atas minyak yang panas hingga matang kecoklatan.

Untuk diketahui, di Kabupaten Tuban sendiri, untuk bisa mendapatkan Pelas Palang ini sangatlah mudah. Sebab, setiap sore masyarakat di Kecamatan Palang selalu menjajakan makanan khas satu ini di tepian jalan, dengan harga Rp1000 per biji. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS