Usai Beri Bantuan, DPRD Tuban: Nelayan Perlu Diajari Inovasi Pengolahan Ikan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Sebagai upaya dalam memberdayakan para nelayan di Kabupaten Tuban, Ketua Komisi 4 DPRD Tuban, menyalurkan bantuan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Dorang Jaya dan KUB Sinar Jaya, yang berada di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. 

Bantuan yang diberikan ini sendiri, berupa sarana prasarana (sarpras) penangkapan ikan yang diberikan langsung kepada ketua dari kedua KUB tersebut. Dengan didampingi langsung oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Tuban. 

"Diharapkan melalui bantuan ini nelayan bisa memperoleh tangkapan yang lebih banyak sekaligus bisa memanfaatkan hasil tangkapan ikan. Hal ini sebagai upaya pemberdayaan nelayan selain memberikan alat perlengkapan yang baik," ungkapnya, Minggu (18/12/2022). 

Baca berita terkait:

Habiskan Rp420 Juta untuk Mesin Diesel Nelayan Tuban

Selain itu, perempuan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Partai Gerindra Jawa Timur ini, jika nantinya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui DKPPP Tuban juga dapat memberikan ilmu pengetahuan kepada para nelayan. 

Adapun ilmu tersebut, lanjutnya dapat diberikan melalui pelatihan dan teknologi, sehingga mampu meningkatkan kualitas sumber daya nelayan, dalam pengolahan hasil tangkapan ikan.

Pasalnya, saat ini inovasi dalam pengolahan ikan sangat diperlukan oleh nelayan. Agar nantinya masyarakat dapat mengkonsumsi protein dari ikan, dengan berbagai varian olahan. Di samping itu, juga dapat menambah perekonomian atau pendapatan masyarakat. 

"Harapan saya nantinya dinas terkait agar mendukung setiap usaha di bidang perikanan dan giat melakukan kampanye gemar makan ikan. Hal ini dimaksudkan pula agar angka stunting di Tuban bisa di tekan dan peningkatan gizi balita juga terpenuhi," imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS