Sumber Mata Air Dari Sumur Pawon Tuban Dipercaya Sembuhkan Segala Penyakit

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Jika kalian berkunjung ke Destinasi Wisata Pantai Sumur Pawon, yang terletak di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Hal pertama yang kalian temui adalah sebuah sumur lebar berbentuk persegi, yang menyerupai pawon (tungku).

 

Pasalnya, sumur tersebut berada tepat di sebelah kiri pintu masuk wisata itu. Menurut penuturan Juru Kunci Sumur Pawon, Tarso, jika keberadaan sumber mata air ini, dipercaya masyarakat setempat sebagai obat yang mujarab. Lantaran dinilai dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

 

“Air dari Sumur Pawon ini dipercaya bisa mengobati penyakit, jadi umpama sakit apapun minta air disini insyaallah jodoh (sembuh),” ujarnya kepada blokTuban.com saat ditemui dilokasi area Sumur Pawon, Selasa (13/12/2022).

 

Menurut penuturan pria ramah ini, kepercayaan yang diyakini oleh masyarakat tersebut, merupakan keyakinan yang didapatkan secara turun temurun. Hal ini diperkuat dengan keberadaan Sumur Pawon yang sudah  ada sejak zaman dahulu, secara alami. Artinya, bukan dari hasil buatan tangan manusia.

 

Selain itu, Tarso juga menambahkan bahwa setiap tahunnya, ada tradisi turun temurun yang dijalankan oleh masyarakat setempat di sumur tua tersebut. Yaitu melakukan tradisi sedekah bumi, sebagai wujud rasa syukur masyarakat setelah masa tanam tiba.

 

“Setiap tahun diperingati ada syukuran makan-makan orang sini, kalau sudah selesai nanam jagung itu syukuran disini,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, kendati Sumur Pawon ini berada di tepi laut, namun air yang dihasilkan dari sumur tersebut adalah air tawar. Hal ini, juga menjadi keistimewaan tersendiri dari sumber mata air itu.

 

“Kalau sering hujan itu airnya menjadi tawar, tapi kalau sekarang ini mungkin tidak begitu tawar, karena air lautnya rembes,” imbuhnya.  [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS