SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) di Kabupaten Tuban diganjar oleh KemenpanRB dengan predikat BB. Tahun sebelumnya 2021, SAKIP dan RB Tuban masih predikat B. 

Menteri PANRB, Abdul Azwar Anas mengatakan, KemenPANRB RI mendorong pemerintah daerah mewujudkan Good Governance melalui evaluasi SAKIP dan RB. Penghargaan SAKIP dan RB dengan Predikat BB pada tahun 2022 menjadi wujud peningkatan kinerja jajaran aparatur Pemkab Tuban.

“Jangan ada lagi pelaksanaan birokrasi yang ‘Mbulet’ demi kepentingan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Pelaksanaan SAKIP dan RB diharapkan mampu mempercepat peningkatan efektivitas dan efisiensi pemerintah dengan menjamin Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN) yang terfokus dan tepat sasaran. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden RI berupa perwujudan “Birokrasi Berdampak” langsung kepada masyarakat dengan mengusung konsep Reformasi Birokrasi Tematik.

Azwar Anas menerangkan implementasi SAKIP dan RB merupakan bagian dari wujud transformasi cara serta budaya kerja melalui penerapan manajemen kinerja di sektor publik dan anggaran berbasis kinerja. 

Baca berita terkait :

Selangkahkah Lagi Tuban Berpredikat BB

Seluruh instansi pemerintah dituntut agar mampu mempertanggungjawabkan dan meningkatkan kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil. Penetapan kebijakan berkaitan dengan SAKIP dan RB pada instansi pemerintah akan selalu mendapat pengawasan dan pendampingan dari KemenPANRB RI. 

“Kami mengajak seluruh jajaran instansi pemerintah untuk terus bertransformasi menjadi birokrasi yang bermanfaat untuk masyarakat,” serunya.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengatakan, peningkatan prestasi yang diterohkan Pemkab Tuban menjadi wujud kerja sama dan kerja keras seluruh ASN dalam  menjalankan tata kelola pemerintah yang akuntabel, efektif, efisien berbasis pada capaian kinerja.

"Penghargaan yang diraih menjadi motivasi untuk melecutkan prestasi dengan semangat kolaborasi, inovasi, dan berkarya demi kemajuan Kabupaten Tuban. Langkah tersebut diimbangi dengan peningkatan kapasitas dan kompetensi aparatur Pemkab Tuban," sambungnya. 

Pada kesempatan ini, Pemkab Tuban melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tuban juga meraih penghargaan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik kategori “Pelayanan Prima” Disdukcapil Kabupaten/Kota.  [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS