Peduli Perpustakaan Sekolah di Tuban, Pemuda Bergerak Luncurkan Program Ekspedisi Aksara

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Minat baca menjadi salah satu masalah serius di negeri ini. Bagaimana tidak, saat ini minat baca pelajar masih sangat rendah, sehingga dapat memunculkan keresahan-keresahan di masa depan. 

Pasalnya, tidak bisa dipungkiri jika angka kemiskinan dan rendahnya daya saing masyarakat, salah satunya juga dipicu oleh minat literasi atau pengetahuan yang kurang. 

Kondisi ini, disadari betul oleh sekelompok pemuda di Desa Plumpang yang tergabung dalam Pemuda Bergerak Foundation. Oleh karena itu, dengan harapan turut memberi solusi, Pemuda Bergerak luncurkan program ekspedisi aksara.

Program ini sendiri dimaksudkan untuk mengaktifkan kembali perpustakaan sekolah yang selama ini dianggap kurang maksimal atau bahkan mati.

Saat ditemui dalam gelaran acara ekspedisi aksara di SDN Sumberagung IV Plumpang, Bambang Budiono, penggagas acara ini mengungkapkan jika kegiatan tersebut merupakan bagian dari program literasi, yang tengah dilakoni oleh rumah baca anak yang merupakan bagian dari Pemuda Bergerak Foundation. Menurut Bambang sapaan akrabnya, ini merupakan program lanjutan dari dua program lainnya. 

"Program ini lanjutan dari gerilya baca dan anak Tuban menulis. Pentingnya keberadaan dan keaktifan perpustakaan sekolah menjadi dasar untuk kegiatan ini," terangnya kepada blokTuban.com Rabu, (30/11/2022).

Alumnus PBSI Unirow tersebut juga menambahkan bahwa nantinya, program ini menargetkan untuk singgah di 40 titik sekaligus, yang ada di Kecamatan Plumpang. 

Selain diisi oleh tim pemuda bergerak, kegiatan ini sendiri juga melibatkan relawan dari berbagai pihak, yang turut perduli dengan perkembangan literasi yang ada di Bumi wali Tuban ini. 

"Hari ini kita juga dibantu relawan dari SMP khairunnas Tuban, kita akan menggandeng siapa saja yang peduli pada literasi" pungkas Bambang. 

Dengan adanya program tersebut, maka Bambang berharap agar ke depannya perpustakaan-perpustakaan sekolah yang ada di Tuban dapat lebih aktif sebagaimana mestinya. 

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Sumberagung IV Plumpang, Siti Aminah mengaku senang dengan turut disinggahinya lembaga yang dipimpinnya pada program ini. 

Dengan demikian, ia berharap agar nantinya minat membaca pada anak didiknya tersebut dapat terus meningkat, setelah kegiatan ini diberlangsungkan di sekolahnya. 

"kita senang dan mempersilahkan, semoga minat baca anak-anak bisa meningkat dengan diadakannya acara ini di lembaga kami" ungkapnya. [Sav/ ] 

 

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

 

https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMNPtuAsw4IjQAw?r=0&oc=1&hl=id&gl=ID&ceid=ID:id