Meriahkan Hari Jadi Tuban Ke-729, Puluhan Tukang Becak Ikuti Lomba Ketangkasan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Puluhan tukang becak ikuti lomba Ketangkasan Becak di Alun-alun Tuban, dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tuban ke-729,  yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP). 

Kasi Angkutan dan Keselamatan Jalan serta Pengelolaan Pelayaran, Luqman Amrullah mengatakan jika lomba ketangkasan becak ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan skill berkendara para peserta. Dimana, becak yang seharusnya dikendarai dengan roda tiga, dalam perlombaan ini hanya diperbolehkan untuk menggunakan roda dua. 

"Jumlah peserta sampai saat ini yang masuk ada 28 orang. Ketangkasan becak ini, menjalankan becaknya dengan menggunakan roda dua bukan roda tiga," ungkapnya, Selasa (29/11/2022). 

Adapun hadiah yang diperoleh para peserta dalam kegiatan ini beraneka ragam, mulai dari uang tunai Rp500 ribu,  Rp1,6 juta, hingga satu ekor kambing. Selain memperingati Hari Jadi Tuban, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat paguyuban becak yang ada di Bumi Ronggolawe. 

Dengan demikian, Luqman sapaan akrabnya berharap agar kegiatan ini dapat memahami lampu lalu lintas yang ada di jalan dan tetap mengutamakan keselamatan, baik diri sendiri maupun penumpang. Sehingga angka kecelakaan juga dapat diminimalisir. 

"Kami berharap tukang becak yang ada di paguyuban becak atas dan bawah, bisa mematuhi aturan-aturan lalu lintas yang berlaku, serta memahami traffic light yang Ada. Jangan sampai nanti ada traffic light merah tetap diterobos," paparnya. 

Sementara itu, salah satu peserta Lomba Ketangkasan Becak, Arif Mustofa mengungkapkan bahwa ini bukanlah kali pertama ia mengikuti lomba seperti ini. Menurutnya, hal yang membuat peserta gagal adalah karena terlalu gerogi.

"Menurut saya tidak ada kesulitan, tapi memang teman-teman banyak yang nervous karena sebelum dilombakan mereka sangat lihai, tapi setelah dilombakan banyak yang gagal," katanya. 

Lebih lanjut, Arif berharap agar kedepannya Pemkab Tuban dapat memberikan edukasi terhadap Paguyuban Tukang Becak, sehingga dapat lebih taat terhadap rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan. [Sav/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS