Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hisyam Ma'rifi tak pernah mengira bahwa video pendeknya berjudul Sandal, mengantarkannya menjadi juara 2 di event GTK Creative Camp atau GCC Batch 3. 

Guru Bahasa Indonesia di SMAIT Al Uswah Tuban itu mengalahkan 940 peserta pada acara yang digelar oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pada 16 November 2022. 

Mengutip instagram @kabupatentuban, Hisyam bercerita bahwa pembuatan video pendek tersebut menggunakan alat sederhana. Awalnya dia sempat kurang percaya diri karena melihat proses produksi yang ala kadarnya. 

"Alhamdulillah juara. Ini bukti bahwa tenaga pengajar bisa bikin film. Proses seleksinya pada bulan Oktober lalu," ujar Hisyam, Senin (28/11/2022). 

Hisyam ternyata bukan seorang pengajar biasa. Di tempat ia mengabdi, juga didapuk sebagai bagian Waka Humas dan Media. Dari situlah, guru berusia 31 tahun itu terus meningkatkan skillnya. 

Sebelumnya, Hisyam juga memiliki pengalaman dalam ilmu penyutradaraan, dan pembuatan naskah saat masih menempuh kuliah. Kini, melalui filmnya berjudul Sandal dia populer di kalangan pendidikan di Jawa Timur. 

Baca Juga :

- Doa untuk Guru, Memohon Ampunan dan Kemuliaan dari Allah SWT

- Hari Guru Nasional: 5.546 GTT Jawa Tengah Terima Gaji UMK

- 30 Ucapan (Quote) Selamat untuk Hari Guru Nasional (Teacher's Day) Tanggal 25 November

Dalam prosesnya, Hisyam juga diketahui pernah terlibat dalam pembuatan skrip, penataan kamera, editing film. Hasilnya salah satu karya filmya menjadi juara di lomba yang digelar oleh Kemendikbud.

Sementara itu, Provinsi Jawa Timur memborong trophy Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Inspiratif 2022 yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2022. Total trophy yang dibawa Provinsi Jawa Timur sebanyak 27 buah trophy dari berbagai kategori.

Ajang Apresiasi GTK Inspiratif 2022 ini terbagi dalam 18 kategori terbaik, dengan memilih 10 orang untuk tiap kategori. Diantara kategori tersebut yaitu, Guru TK Terbaik; Guru Pendidikan PAUD Terbaik; Pamong Belajar Terbaik; Penilik Terbaik; Guru SD Terbaik; Guru SMP Terbaik; Guru SMA Terbaik; Guru SMK Terbaik; Guru SLB Terbaik.

Kemudian, Kepala TK Terbaik; Kepala SD Terbaik; Kepala SMP Terbaik; Kepala SMA Terbaik; Kepala SMK Terbaik; Kepala SLB Terbaik; Pengawas TK Terbaik; Pengawas Pendidikan Dasar Terbaik; dan Pengawas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Terbaik.

"Alhamdulillah ini melengkapi capaian yang sudah diraih Jawa Timur sebelumnya di jenjang SMA, SMK, SLB sekarang GTK. Terimakasih kepada seluruh guru, kepala sekolah, dan pengawas atas semangat dan kerja keras dalam melakukan transformasi sistem belajar mengajar di Jawa Timur," ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawana di tengah kunjungan misi dagang Jawa Timur di Ryadh.

Gubernur Khofifah mengatakan, Apresiasi GTK Inspiratif 2022 ini diberikan kepada peserta terbaik dari masing-masing bidang lomba, karena para Guru dan Tenaga Kependidikan tersebut dapat menunjukkan praktik dengan baik pada program kurikulum merdeka dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat pada peserta didik.

"Dalam program kurikulum belajar ada yang namanya pembelajaran berdiferensiasi. Nah, bagaimana guru dan tenaga kependidikan dapat mengimplementasikan kepemimpinan, pendampingan, yang dapat menginspirasi para guru dan tenaga kependidikan lainnya. Mereka yang berinovasi menjadi terbaik dalam ajang apresiasi dari Kemdikbudristek ini," imbuh Khfofifah dikutip dari Kominfo Jatim. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS