Peringati Hari Pohon se-Dunia, 22 Komunitas dan Ormas Gelar Reboisasi di Tuban-Bojonegoro

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Puluhan komunitas dan organisasi kemasyarakatan menggelar aksi tanam pohon di Bojonegoro dan Tuban. Rebosiasasi dalam rangka hari tanam pohon sedunia itu, puncak kegiatannya dipusatkan di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Minggu (27/11/2022).

Menurut Affrizal Rizkillah, Koordinator Aksi Tanam Gerakan Lestari Alam Raya Area Rengel mengatakan bahwa penanaman ini dilatarbelakangi karena ada momen hari tanam pohon se-dunia yang jatuh pada 28 November besok.

“Kita melakukan aksi tanam pohon juga bertepatan dengan hari tanam pohon se-dunia yang jatuh pada 28 November,” ujar Affrizal Rizkillah kepada blokTuban.com.

Kegiatan tersebut, lanjut Affrizal bertujuan agar pohon yang ditanam nantinya dapat memberikan manfaat di masa mendatang. Penanaman ini juga sebagai bentuk aksi penghijauan (reboisasi) di wilayah Tuban dan Bojonegoro.

Di Kecamatan Rengel sendiri terdapat 8 titik penanaman yaitu Desa Maibit, Watu Rongko Rengel, arah Desa Jaten Cilik, Banjaragung, Rest Area Gemblo, Desa Tambakrejo, Desa Ngadirejo, dan Desa Karangtinoto.

Acara tersebut diikuti oleh 22 komunitas dan organisasi kemasyarakatan di bawah koordinasi Gerakan Lestari Alam Raya (GELAR). Aksi tanam seribu pohon telah digelar ke 3 kalinya.

Baca Juga :

- SKK Migas Jabanusa dan Pertamina EP Zona 11 Tanam 2.480 Bibit Buah dan Trembesi di Blora

- Wajib Tahu! Kripik Daun Jati Produksi IRT di Tuban ini Ternyata Bagus untuk Kulit

- Gurihnya Olahan Keripik Daun Jati yang Pertama Ada di Tuban, Yuk Intip Proses Pembuatannya

“Tahun ini merupakan tahun ketiga kami menanam,” tambahnya.

Murtafik (35) Selaku tuan rumah acara ini menyambut baik dengan adanya aksi yang dilakukan para pemuda tersebut.

“Kami sangat menyambut baik dengan adanya aksi ini. Semoga kedepannya pohon yang di tanam bisa memberikan manfaat bagi generasi yang akan datang,” tutup Murtafik. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS