Arus Sungai Deras Picu Jalan di Jembatan Damseng Tuban Longsor

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Cuaca ekstrem yang terjadi beberapa minggu belakangan ini, mengakibatkan Jembatan Damseng yang berada di Dusun Tapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, mengalami longsor-ambles.

Hal ini, mengakibatkan aktivitas masyarakat terganggu lantaran kendaraan bermuatan besar tidak dapat melintas di area tersebut, lantaran kondisi jembatan yang sudah sangat mengkhawatirkan. Kondisi itu, diperparah dengan tidak adanya penerangan jalan, sehingga suasana jembatan pada malam hari sangat gelap.

Saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Camat Senori, Minto Ikhtiar membenarkan adanya jembatan longsor itu. Ia menyampaikan bahwa kerusakan pada Jembatan Damseng tersebut, sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu, yang disinyalir lantaran debit air sungai terlalu  deras.

“Ya (memang benar Jembatan Damseng longsor), sudah beberapa hari yang lalu. Untuk penyebabnya kemungkinan arus sungai deras di bawah tanah, waktu hujan deras beberapa waktu yang lalu,” jelasnya kepada blokTuban.com, Rabu (23/11/2022).

Selain cuaca yang ekstrem, kondisi rusaknya jembatan ini juga diakibatkan oleh truk yang sempat tercebur di sungai tersebut, beberapa waktu lalu. Sehingga pagar yang berada di samping jembatan ikut roboh.

Lebih lanjut, Minto sapaan akrabnya juga menambahkan jika saat ini, bagian Jembatan Damseng yang mengalami longsor, hanya di bagian tepi atau samping jembatan saja. Oleh sebab itu, kendaraan roda dua masih bisa melintas pada area tersebut.

Kendati  demikian, ia mengaku jika pihaknya langsung bergerak cepat, dengan mengkoordinasikan rusaknya kondisi jembatan ini, kepada dinas terkait ataupun pihak-pihak yang berwenang.

“Ini sudah dikoordinasikan dengan Dinas PUPR dan pihak Pertamina, insyaallah akan segera diperbaiki,”sambunngnya.

Dengan demikian, pria ramah itu berharap agar secepatnya jembatan yang menjadi jalan masyarakat itu, dapat segera diperbaiki. Pasalnya, jalan tersebut merupakan akses vital bagi masyarakat setempat. [Sav/Dwi]

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS