Gagal Berangkat haji karena Usia, Masyarakat Tuban Serbu Tiket Umroh

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Animo masyarakat Tuban terhadap ibadah umroh meningkat, terlebih banyaknya jamaah haji yang tertunda karena faktor usia. 

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Tuban, Ashabul Yamin saat di konfirmasi reporter blokTuban.com mengatakan, dengan dibukanya serta di bebaskannya oleh Pemerintah Arab tanpa pembatasan, animo masyarakat meningkat drastis. 

“Animo masyarakat meningkat untuk melaksanakan ibadah umroh, terlebih ada beberapa masyarakat yang harus tertunda untuk berangkat haji karena faktor usia,” ucap Ashabul Yamin, Selasa (22/11/2022). 

Terhitung mulai dari bulan Januari hingga November 2022 terdapat 992 pendaftar ibadah umroh. Lalu, setelah ibadah haji kemarin terdapat 626 jamah yang mendaftar umroh dan dari pendaftar tersebut ada juga yang awalnya merupakan jamaah haji terus dibatalkan dan lebih memilih untuk ibadah umroh. 

“Kami sudah menyosialisasikan jangan membatalkan haji. Sebab, haji wajib dan umroh sunah. Kalau ada rezeki lebih, silahkan daftar umroh gak papa tapi namanya orang banyak ada yang ngeyel,” Ucap Yamin sapaan akrabnya. 

Menurut Yamin, jika ibadah umroh dari Kemenag hanya sebatas merekom dan pembuatan paspor dan jika ada kebingungan bisa datang ke kantor Kemenag. Dia berpesan kepada para masyarakat yang memiliki keinginan untuk melakukan ibadah umroh harus memastikan beberapa hal. 

Mulai memastikan travel berizin umrah dari Kemennterian Agama RI, jadwal keberangkatan dan penerbangannya, harga dan paket layanannya, hotelnya, dan visanya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS