5 Bacaan Doa untuk Kebaikan Kedua Orang Tua

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Mendoakan untuk kebaikan orang tua adalah salah satu cara anak untuk berbakti. Memanjatkan doa tentunya baik dilakukan setiap hari dan tidak harus menunggu hari-hari tertentu.

Alangkah indahnya apabila mendoakan orang tua dilakukan setelah melaksanakan ibadah shalat, baik shalat wajib maupun shalat sunnah setiap hari. 

Mendoakan orang tua baik ketika mereka sehat, ataupun ketika mereka sudah tiada. Terlebih, pahala yang masih diterima oleh orang yang telah  meninggal adalah salah satunya doa anak saleh yang tulus kepada orang tuanya.

Berikut ini 5 bacaan doa yang dapat dipanjatkan kepada orang tua:

1) Doa memohon ampun serta keselamatan kedua orang tua

Berbuat salah adalah salah satu hal mustahil tidak pernah dilakukan manusia. Untuk itu memohon ampunan Allah SWT adalah yang utama sebagai muslim yang percaya akan hari pembalasan nanti. Berikut doa memohon ampunan atas dosa kesalahan yang pernah dilakukan oleh orang tua:

Rabbighfir li wa liwalidayya walil-mu'minina yauma yaqumul-hisab

"Ya Tuhan kami, beri ampunanlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinua hisab (hari kiamat)" (QS Ibrahim:41)

 

2) Doa untuk orang tua yang masih hidup

Memiliki orang tua yang masih hidup menjadi jalan berkah untuk anaknya. Disebutkan bahwasanya doa orang tua adalah doa yang bisa mengetuk pintu langit Allah SWT. Sudah wajib bahwasanya memiliki orang tua yang masih hidup untuk disyukuri dan tidak lupa memlafalkan doa untuk mereka

Allahumma fighfirlii wa liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaanii shokhiroon

"Ya Allah, ampunilah aku dna kedua orang tuaku. Baik ibu maupun bapakku, syaangilah mekera seperti mereka menyayangiku di waktu kecil"

 

3) Doa supaya kedua orang tua senantiasa mendapat ridho Allah SWT

Melafalkan doa agar orang tua mendapatkan ridho Allah SWT, juga akan mengalirkan keberkahan untuk si anak. Berikut ini bacaan doanya:

Fa tabassama dahikam ming qauliha wa qala rabbi auzi'ni an asykuro ni'matakallati an'amta 'alayya wa ala walidayya wa an a'mala salihan tardahu wa adkhilni birahmatika fi ibadikas-salihin

"Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuktetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh," (QS An-Naml: 19)

 

4) Doa untuk orang tua yang sedang sakit

Sakit adalah sebagian dari nikmat Allah kepada umatnya. Pun orang tua yang seiring bertambahnya usia mengalami penurunkan daya tahan tubuh dan rentan sakit. Ketika mendapati orang tua sakit, cobalah untuk melafalkan doa berikut:

Allahumma rabbannaasi adzibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaan laa yughaadiru saqamaa

"Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain,"

 

5) Doa untuk orang tua yang telah meninggal

Mendoakan orang tua yang telah meninggal adalah kewajiban anak dimanapun berada. Untuk orang tua yang telah meninggal, doa anak saleh membawa kabar sejuk di akhirat. Berikut bacaannya:

Allahummaghfir lil muslimina wal muslimat, wal mukminina wal mukminat, al-ahyai minhum wal amwat, min  masyqriqil ardhi ila maghoribiha, barriha wa bahriha, khushushan ilaa aba'ina, wa ummahatina, wa ajdadina, wa li man ahsana ilaina, wa li ashabil huquqi a'laina 

"Ya Allah, ampunilah muknimin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami."

Demikian 5 bacaan doa untuk kebaikan orang tua yang dapat diamalkan oleh anak. Semoga bermanfaat.

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS