Pepadi Tuban Persembahkan Pentas Tiga Dalang di Hari Wayang Nasional

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Tuban memiliki cara unik untuk merayakan Hari Wayang Nasional tahun 2022. Organisasi pedalang di Bumi Ronggolawe itu, mempersembahan pentas tiga dalang dalam satu panggung. 

Berlangsung di Pendapa Balai Desa Sawahan, Kecamatan Rengel pada Kamis (17/11) malam, pagelaran wayang tiga dalang merupakan ciri khas Pepadi Tuban dan sudah digelar keempat kalinya. Ketiga dalang tampil memukau yaitu, Ki Susiyanto dari Rengel, Ki Sukayat Hadi Carito dari Rengel, dan Ki Bayu Setya Admodjo dari Semanding.

Pepadi Tuban sendiri merupakan organisasi yang baru dibentuk beberapa tahun lalu, setelah sempat vakum 20 tahun. Hari Wayang Nasional menjadi agenda rutin yang wajib digelar oleh Pepadi, selain kegiatan wayang masuk sekolah dan Wayang Sandosa.

"Tahun ini giliran Kecamatan Rengel, setelah sebelumnya sempat di Kecamatan Kerek, Semanding, dan Parengan. Dalang yang pentas juga gantian sesuai lokasi tempat pagelarannya," terang Ketua Pepadi Tuban, Buntas Pradoto kepada wartawan. 

Selain penampilan dari tiga dalang, lanjut pedalang asal Kecamatan Tambakboyo itu juga ada ringgitan dari dalang muda berbakat Tuban sebagai pembuka. Dalang muda tersebut adalah Ki Ahmad Sholikin atau biasa dikenal sebagai Ki Sholikin Asmara Seta, yang sempat meraih penghargaan sebagai sepuluh penyaji terbaik dalam festival wayang kulit dalang muda se-Jawa Timur.

"Setelah melalui berbagai pertimbangan pada rapat persiapan di Kecamatan Kerek, kami memutuskan untuk menampilkan Dik Sholikin sebagai dalang pembuka," imbuh Buntas.

Dalang-dalang se-Kabupaten Tuban juga berkumpul dalam acara tersebut. Hal ini mencerminkan kerukunan yang terus dibangun oleh seluruh anggota Pepadi Tuban. Terlebih tahun ini gelaran ringgit purwa bisa kembali digelar utuh semalam suntuk, tak seperti dua tahun sebelumnya yang sangat dibatasi bahkan dilarang karena PPKM.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudporapar Tuban, Sumardi mengatakan, kegiatan tradisi dan hiburan tahun ini memang difokuskan oleh Bupati untuk masyarakat Tuban. Oleh karena itu, banyak kegiatan termasuk pentas seni dan pagelaran wayang yang digelar secara keliling di kecamatan-kecamatan.

"Tujuannya, agar seluruh masyarakat Tuban bisa menikmati hiburan yang sama," tutupnya. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS