Pembangunan Infrastruktur Pertanian di Tuban Telan Rp11 Miliar Lebih

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban terus membangun infrastruktur dalam berbagai bidang, baik jalan lingkungan, jalan poros, jalan usaha tani, saluran irigasi, dan lainnya. Upaya ini dilakukan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Bumi Ronggolawe, Kamis (17/11/2022). 

Sebagai salah satu kabupaten yang menjadi lumbung pangan nasional, pembangunan infrastruktur pertanian merupakan hal mutlak yang diharapkan dapat menambah produksi pertanian di Kabupaten Tuban.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tuban Drs. Eko Arif Yulianto menjelaskan, saat ini proyek infrastruktur yang dikerjakan adalah Jalan Usaha Tani (JUT), Jaringan Irigasi Tersier (JIT) dan Irigasi Air Tanah Dangkal (IATD) atau sumur bor dan pompanisasi.

Eko menyebutkan, untuk JUT, pengerjaan sepanjang Tahun 2022 sebanyak 49 unit dengan panjang 41.601 meter. Rinciannya penggunaan dana APBD plus DAK sebanyak 17 unit dengan panjang 14.885 meter. Lalu, dari P-APBD ditambah DBHCHT sebanyak 32 unit dengan panjang 26.716 meter.

“Total dana alokasi sebesar Rp11.251.136.065,” ucap Eko. 

Baca Juga :

Cara Mudah Budidaya Melon Varietas Golden Aroma Sistem Greenhouse di Tuban

Pupuk Subsidi Langka, Petani Menjerit, Dinas Pertanian Tuban Bungkam

DKP2P Tuban dan TNI Berkolaborasi Edukasi Masyarakat Terkait Virus PMK

Untuk JIT, sebut Eko, ada 15 unit pengerjaan dengan panjang 3.336 meter, dengan rincian 11 unit dari APBD plus DAK dengan panjang 2.652 meter. P-APBD sebanyak 4 unit dengan panjang 684 meter, dengan total dana alokasi sebesar Rp3.258.276.400.

Adapun untuk pembangunan irigasi air tanah dangkal (sumur bor dan pompanisasi) ada 21 unit pengerjaan, dengan rincian 13 unit dari APBD dan DAK, dan 8 unit di P-APBD. Total anggaran sebesar Rp 3.151.250.000.

Eko berharap, pembangunan infrastruktur tersebut dapat memperkuat pertanian di Kabupaten Tuban, dari segi produksi hingga pendistribusian hasil panen. Hasilnya dapat memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat khususnya para petani.

“Semoga dengan pembangunan JUT, JIT, dan irigasi air tanah ini membawa dampak ekonomi yang meluas,” tandasnya. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS