Bacaan Doa Selamatan, Tasyakuran Terkabulnya Sebuah Hajat

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bersyukur atas suatu nikmat atau hal yang telah dicapai dalam hidup seperti memiliki rumah baru, kelahiran anak, atau hal lainnya adalah salah satunya dengan melaksanakan selametan atau tasyakuran.

Doa yang dipanjatkan dalam selamatan tersebut disesuaikan dengan niat dan tujuan dari sohibul hajat/ orang yang mempunyai selametan tersebut.

Shohibul hajat adalah orang yang mengundang masyarakat lainnya untuk selamatan dengan niat bersyukur atas nikmat yang diperoleh.

Baca juga: Inilah 2 Golongan Orang yang Didoakan Malaikat

Berikut ini adalah bacaan doa lengkap yang dibaca ketika ada selametan.

Audzubillah himinasyaitonirrajim, Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi u mazidah ya rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhikal karimi wa’adzimi sulthanik.

"Aku berlindung kepada Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Dengan pujian yang sesuai (sebanding) dengan nikmatnya dan menjamin ditambah nikmatnya. Ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji dan segala apa yang patut atas keluhuran Dzat-Mu dan kemuliaan serta keagungan kekuasaan-Mu".

Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin wa’ala ali Sayyidina Muhammad.

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat ta’dhim atas junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad SAW dan juga keluarga junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad SAW."

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa. Allahumma ighfirli dzanbi, wa wassi'li fi daari, wa baarik li fi rizqi.

"Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar,dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan kepada Tuhan kami, kami berserah diri. Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami dan lapangkanlah bagi kami di rumah-rumah kami ini".

Allahhumma bariik lana fii rizqina wabariklana fii maishtina wa barik lana fii buyutina wa barik lana fii umrina wabarik lana fii umurina.

"Ya Allah berkahilah rizki-rizki kami, berkahilah kehidupan kami, berkahilah rumah-rumah kami, berkahilah umur kami, dan berkahilah setiap urusan kami".

Allahuma sallimna wasalim dinana wasalim 'ajsadana wasalim 'amwalana min bala' addunnya wa adhab lahirati. Wa qur rabbi adkhilni mudkhala sidqiw wa akhrijni mukhraja sidqiw waj'al li mil ladungka sultanan nasira.

"Ya Allah selamatkanlah kami, agama kami, fisik kami, harta benda kami dari bencana dunia dan siksa akhirat. Ya Tuhan kami, masukkanlah kami dengan cara yang benar dan keluarkanlah kami dengan cara yang benar, serta berikanlah kepada kami dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong".

Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘amma yasifuna wa salamun ‘alal mursalina wal hamdulillahi rabbil ‘alamina.

Maha Suci Allah yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan, dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Baca juga: Tuntunan Cara Shalat Subuh dan doa Qunut, Dibaca pada Rakaat Kedua

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS