Musim Pancaroba Gampang Sakit? Baca Doa ini Ketika Anak Alami Sakit

Olwh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Saat ini memasuki musim pancaroba, musim dimana tubuh membutuhkan adaptasi perlaihan musim. Tidak jarang ketika imun tubuh anak kecil sedang tidak baik akan menyebabkan terserang beberapa penyakit, yang umum yaitu demam disertai batuk dan pilek.

Tubuha anak-anak yang masih rentan, menghadapi peralihan cuaca kerap gampang diserang penyakit tersebut. Melihat anak sakit tentunya membuat orang tua kalang kabut dan tidak tenang.

Selain mengobati dengan obat medis ataupun herbal, alangkah baikknya orang tua memanjatkan doa untuk kesembuhan dan kesehatan anak.

Berikut ini doa yang diamalkan oleh Rasulullah untuk kesembuhan:

1. Doa Rasulullah ketika mendapati keluarganya tengah sakit

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا      

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.      

“Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri,”

2. Doa Rasulullah dengan menyebut nama

Rasulullah suatu ketika menjenguk Sa‘ad bin Abi Waqqash sebagaimana riwayat Imam Muslim. Saat membaca doa ini, nama Sa'ad diganti dengan nama orang yang sedang sakit:

 Ø§Ù„لَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا   

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.   

“Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan (Sa‘ad, diganti dengan nama yang sakit),” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

Itulah doa yang diamalkan Rasulullah ketika menjenguk atau mendapati keluarganya sedang sakit, semoga bermanfaat. [dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

 

https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMNPtuAsw4IjQAw?r=0&oc=1&hl=id&gl=ID&ceid=ID:id