Mengenal Sahabat Berbagi, Komunitas Peduli Dhuafa Dan Anak Yatim di Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Sahabat berbagi merupakan salah satu komunitas yang bergerak dibidang sosial, yang sudah berdiri kurang lebih sejak 4-5 tahun silam. Berawal dari seringnya berkumpul bersama, hingga akhirnya terbentuk visi dan misi yang sama dalam satu organisasi, yang diberi nama Komunitas Sahabat Berbagi.

Ketua Umum Sahabat Berbagi Tuban, Didik Aris Nur Cahyo mengungkapkan bahwa sebelumnya, hanya beranggotakan 1 hingga 2 orang yang awalnya hanya berupa sharing terkait dengan kegiatan bersama.

“Dari hati kami masing-masing individu mempunyai niat yang sama, yaitu daripada kita kumpul hanya sekedar kumpul ngopi dan sebagainya, lebih baik kita melakukan kegiatan. Maka akhirnya kita sepakat membentuk komunitas ini,” ucapnya kepada blokTuban.com, Kamis (10/11/2022).

Berawal dari program jumat berkah dengan menggunakan uang pribadi, yang membagikan nasi kepada para dhuafa dan anak yatim di Kabupaten Tuban. Kini menjadi banyak program yang dijalankan, mulai dari program bedah rumah, pengajuan kesehatan, hingga pengupayaan data untuk adminisrasi masyarakat yang kesulitan mendapatkan program dari pemerintah.

Kendati sempat vakum beberapa bulan akibat Pandemi Covid-19 yang melanda Bumi Wali, namun Aris sapaan akrabnya mengaku bahwa semangat yang dimiliki oleh anggotanya tidak pernah pudar. Terbukti saat ini sudah ada ratusan anggota yang tergabung dan tersebar, di seluruh wilayah Kabupaten Tuban.

“Saat pandemi kita vakum hampir 1-2 bulan, karena kita benar-benar menghormati pemerintah untuk tidak berkerumum orang banyak. Akhirnya program jumat berkah yang semula membagikan nasi, kita alihkan ke paket sembako,” jelasnya.

 Dengan adanya kegiatan postif yang digaungkan oleh anak-anak muda di Kabupaten Tuban tersebut, ia berharap agar ke depannya, seluruh anggota Sahabat Berbagi dapat terus bersinergi untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. 

Sehingga bisa terus terjaga kekompakannya, disampaing itu Aris juga menambahkan bahwa pihaknya selalu terbuka dan menerima, masyarakat yang berkeinginan untuk bergabung bersama Komunitas Sahabat Berbagi ini. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS