Belum Banyak Yang Tahu, Ternyata Ini Manfaat Dari Bunga Telang Bagi Tubuh

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Clitoria Ternatea atau yang biasa disebut dengan bunga telang merupakan tanaman yang memiliki bentuk yang menarik dan indah. Biasanya, bunga berwarna biru keunguan ini, sering dikonsumsi oleh masyarakat dalam bentuk teh.

Selain cita rasanya yang menyegarkan, bunga liar yang anyak tumbuh disemak-semak dan tenah kering ini, ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia. Tak heran, jika saat ini banyak masyarakat yang mulai melirik keberadaan bunga tersebut.

Salah satunya, warga Desa Perunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Retno Nur Hidayati. Yang mulai membudidayakan bunga telang sejak tahun 2021 lalu. Menurut Nuri, sapaan akrabnya, jika Clitoria Ternatea ini memiliki, banyak manfaat yang baik bagi tubuh, mulai dari kecantikan hingga kesehatan.

“Untuk masalah khasiat dari bunga ini sangat luar biasa, karena bunga telang mengandung Flavonoid rasanya juga ada manis-manisnya. Sehingga dia bisa menurunkan kadar gula dalam darah,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Jumat (11/11/2022).

Disamping itu, lanjut ibu dari tiga orang anak ini, bunga telang juga memiliki manfaat lain seperti mencegah kanker, meredakan migren, mengobati bisul, mengobati penyakit diabetes, mengeluarkan dahak pada bronkitis kronis hingga diare.

Tak hanya bagus untuk kesehatan saja, rupanya bunga yang berbentuk mirip dengan kupu-kupu ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan, yaitu mencegah penuaan dini karena antioksidan yang terkandung di dalamnya, serta dapat menurunkan berat badan.

“Bunga telang juga bagus untuk kulit, bisa mengontrol nafsu makan juga, sehingga digunakan untuk diet sangat bagus,” sambungnya.

Lebih lanjut, perempuan 51 tahun ini menambahkan bahwa kandungan yang dimiliki oleh bunga telang tersebut, juga bersifat menenangkan tubuh, sehingga dapat menjadi anti stress, anti depresi hingga migrain. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS