Desa Karangagung Launching Kampung Pesisir Pusat Oleh-Oleh Khas Pesisir Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Karangagung, yang berada di wilayah Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, resmi melaunching Kampung Pesisir Oleh-Oleh Khas Pesisir Tuban, yang ditanda tangani langsung oleh Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, Rabu (9/11/2022).  

Dalam kesempatan tersebut, Mas Lindra sapaan akrab Bupati Tuban, sangat mengapresiasi adanya kreativitas dari Pemdes Karangagung, yang telah berhasil membangun pusat Oleh-oleh tersebut, sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Atas inovasi-inovasinya untuk meningkatkan dan menggeliatkan ekonomi-ekonomi masyarakat, ini adalah bentuk nyata sosok anak muda yang sangat bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Adanya kampung pesisir ini, lanjutnya, diharapkan dapat menampung hasil olahan masyarakat sekitar, sehingga dapat meningkatkan ekonomi sampai di tingkat rumah tangga. Serta bisa memberdayakan anak-anak muda dengan hal yang lebih positif.

“Semoga ini barokah dan PAD desa meningkat, insyaallah produk-produk lokal bisa ditampung disini,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Desa Karangagung, Aji Agus Wiyoto mengaungkapkan bahwa Kampung Pesisir ini menyediakan aneka olahan hasil tangkap laut, para nelayan sekitar, khusunya masyarakat Desa Karangagung.

Dimana, sumber anggaran kegiatan pembangunan Pusat Oleh-oleh di Kampung Pesisir ini sendiri, berasal dari penyertaan modal DD untuk Bumdes, bantuan keuangan khusus BKK Provinsi Jawa Timur, serta pihak ketiga CSR Exxonmobil. Dengan anggaran ini, maka terwujudlah pusat oleh-oleh tersebut.

“Tujuannya yaitu untuk mengakomodir dan menfasilitasi kreativitas warga Karangagung, dan meningkatkan daya beli dan ekonomi warga Karangagung. Dalam hal ini, yang mayoritas warganya adalah nelayan,” ungakapnya.

Adapun olahan laut yang turut dijajakan di tempat ini diantaranya ialah trasi udang, petis ikan, sambal cumi, krupuk ikan, krupuk rajungan, sambal trasi, sambal rujak dan berbagai produk khas pesisir lainnya.

Dengan adanya Kampung Pesisir itu, pria yang akrab disapa Aji tersebut berharap agar tempat ini dapat menjadi penopang perekonomian desa, yang bisa meningkatkan pendapatan asli desa. Sebagai langkah untuk mensejahterakan masyarakat setempat.

“Yang harus diketahui, bahwasanya Kampung Pesisir Desa Karangagung ini merupakan salah satu unit usaha Bumdes, yang sepenuhnya dibidang perekonomian,” tutupnya. [Sav/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS