Ratusan Evakuasi Dilakuakn Damkar Tuban di 2022, Paling Sering Tangani Sarang Tawon

Reporter:  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Selama bulan Januari hingga bulan Oktober 2022, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tuban tercatat telah melakukan ratusan penanganan evakuasi.

Sutaji, Kabid Damkar Pemkab Tuban menjelaskan beberapa penanganan evakuasi yang dilakukan Damkar Tuban antara lain kebakaran, sarang tawon, ular, dan pohon tumbang.

“Damkar tak hanya menangani kebakaran, tapi kami juga melakukan beberapa penanganan lainnya seperti penanganan sarang tawon, ular, dan pohon tumbang,” ujar Sutaji kepada blokTuban.com, Senin 7/11/2022).

Baca juga: 10 nomor Telepon Darurat Saat Kondisi Gawat di Tuban

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban, ntuk penanganan yang paling banyak dilakukan oleh Damkar selama bulan Januari hingga Oktober yaitu penanganan sarang tawon. Jumlah penanganan mencapai 295 dan yang paling banyak terdapat di bulan Mei dengan jumlah 49 kasus.

Selanjutnya untuk penanganan yang sering dilakukan oleh Damkar ialah permasalahan ular. Terdapat 86 kasus evakuasi ular selama bulan Januari hingga Oktober. Kebanyakan penanganan ular ini mulai banyak saat memasuki musim penghujan dan juga pada puncak musim penghujan, seperti pada bulan Oktober sudah 11 kasus yang ditangani.

Untuk penanganan kebakaran selama Januari hingga Oktober terdapat 49 penanganan. Kasus kebakaran yang ter data paling banyak berada di bulan September dengan 13 kasus.

Baca juga: Berikut Nomor Kepolisian Tuban yang Bisa Dihubungi Warga Widang

"Karena bulan September yang notabene merupakan musim kemarau," tambah Sutaji.

Untuk penanganan pohon tumbang sendiri terdapat pada bulan Januari hanya 1 kasus. Sedangkan bulan Februari 2 kasus jadi hanya ada 3 kasus pohon tumbang yang ditangani Damkar.

Sutaji menambahkan jika masyarakat Tuban membutuhkan bantuan dari Damkar bisa menghubungi TELP (0356) 321003, PMK  (0356) 321016,  E-mail: satpolpp@tubankab.go.id atau melalui laman call center pos Damkar terdekat di:https://s.id/callcenterdamkartuban [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS