Sederhana tapi Nikmat, Begini Cara Membuat Ikan Tongkol Suwir yang Bikin Ketagihan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Ikan togkol merupakan salah satu jenis ikan yang banyak di temui. Biasanya jenis ikan satu ini dijual dalam bentuk besek atau wadah yang terbuat dari anyaman bambu.

Selain cara pengolahannya yang terbilang cukup mudah, ternyata ikan tongkol juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga, ikan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan, serta menjaga kadar elektrolit pada tubuh manusia.

Ikan bertekstur lembut ini, juga dapat diolah menjadi makanan ikan tongkol suwir yang bikin lidah ketagihan terus, apalagi jika disantap dengan nasi yang hangat. Salah seorang ibu rumah tangga, Rifda mengatakan jika untuk membuat makanan sederhana ini, membutuhkan beberapa bahan.

“Bahan-bahan yang diperlukan yaitu ikan tongkol, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, dan salam, daun jeruk, serai, saori (saos tiram), garam, gula sama royco (penyedap rasa),” jelasnya kepada blokTuban.com, Minggu (6/11/2022).

Setelah seluruh bahan tersebut siap, maka semua bahan diiris secara acak sesuai dengan selera masing-masing. Jika sudah terpotong semua, selanjutnya masak bawang merah dan bawang putih dengan minyak yang sudah panas, sampai warnanya berubah kecoklatan.

Jika bawang merah dan bawang putih sudah mulai berubah warna, masukkan cabai merah dan cabai rawit yang sudah dipotong dan aduk hingga merata. Setelah merata, masukkan daun salam, daun jeruk dan juga serai yang sudah digeprek ke dalam penggorengan.

“Nggorengnya pakai api yang sedang saja biar nggak gosong, kalau bahannya sudah dimasukkan, terus campur sama garam, royco, gula, dan saori dua sendok, terus dicampur semua dan masukkan air sedikit, biar bumbunya lebih meresap,” katanya.

Lebih lanjut, langkah terakhir ialah dengan memasukkan bahan utama atau ikan tongkol, ke dalam penggorengan, dan aduk ikan dengan bahan-bahan lainnya hingga merata dan ikan menjadi kering dan berubah warna menjadi kecoklatan.

Jika sudah berubah warna, barulah ikan tongkol suwir diangkat dari penggorengan dan siap untuk dinikmati, bersama dengan nasi hangat. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS