Bacaan Doa Sebelum Tidur, Amalan Rasulullah Setiap Malam

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Berisitirahat di malam hari setelah beraktifitas seharian menjadi kebutuhan agar tubuh mengisi energi kembali. 

Sebelum berangkat tidur, alangkah baiknya setiap muslim mengikuti amalan yang dilakukan Rasulullah berikut ini.

Berwudhu

Mensucikan diri dengan berwudhu sebelum tidur suatu hal yang dianjurkan untuk dilakukan umat Islam. Sebagaiaman dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim yang artinya:

“Jika engkau hendak menuju tempat tidurmu (untuk tidur), maka berwudhulah seperti engkau berwudhu untuk salat, kemudian berbaringlah di rusukmu (bagian tubuh) sebelah kanan”.

Membaca surat pendek

Amalan yang dilakukan Rasulullah SAW memnjelang tidur yaitu membaca surat-surat pendek. Surat pendke yang dic=baca yaitu Al-Fatihah, Qulhu, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing sekali. Setelah itu mereka meniup kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali sebelum diusapkan di sekujur badannya. 

Membaca doa sebelum tidur

Setelah mengusap sekujur badan, di dalam karya Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus-Jakarta Rasulullah membaca doa beriktu ini:

بِسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ وَبِكَ أَرْفَعُهُ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ 

Bismika rabbî wadla‘tu janbî wa bika arfa‘uhu. In amsakta nafsî farhamhâ. Wa in arsaltahâ fahfazhhâ bimâ tahfazhu bihî ‘ibâdakas shâlihin. 

Artinya, “Dengan nama-Mu hai Tuhanku, aku berbaring. Dengan nama-Mu juga aku terbangun. Jika Kau tahan nyawaku, berilah rahmat untuknya. Jika Kau lepaskan nyawaku, peliharalah sebagaimana Kau memelihara para hamba-Mu yang saleh,” 

Membaca Ayat Kursi

Setelahnya dianjurkan membaca Ayat Kursi, Âmanar rasûlu hingga akhir surat, dan istighfar tiga kali. 

Itulah amalan dan doa yang dibaca Rasulullah sebelum tidur. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS