Hasil Pilkades di Desa Rengel Petahana Kalah

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Desa Rengel, Kecamatan Rengel merupakan salah satu diantara 47 desa, yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, di Kabupaten Tuban. Setelah melalui tahapan yang cukup panjang, Kamis (27/10/2022), seluruh desa yang mengikuti Pilkades, melaksanakan tahapan pemungutan suara, di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dalam gelaran pesta demokrasi di Desa Rengel tersebut, diketahui terdapat dua Calon Kepala Desa (Cakades), yang telah ditetapkan. Dimana nomor urut 1 ialah Mundir, sedangkan nomor urut 2 yaitu Mohammad Mokhtar yang merupakan Petahana.

Dari data yang dihimpun blokTuban.com, pada pelaksanaan pemungutan suara pada tahun ini, dibagi menjadi 15 TPS. Dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan oleh panitia sebelumnya, yang berjumlah 6.479 suara.

Namun, hanya ada 5.218 orang yang menggunakan hak pilihnya, sehingga total masyarakat yang memilih Golput (Golongan putih), kurang lebih sebanyak 1.261 orang. Dari perhitungan suara yang telah dilakukan, tercatat Cakades nomor urut 1 lebih unggul dengan perolehan 3097 suara, sedangkan nomor urut 2 memperoleh 2030 suara.

“Saya bersyukur telah tuntas proses pemilihan Kepala Desa Rengel, dengan terpilihnya bapak Mundir sebagai Kepala Desa baru. Kami ucapkan terimakasih kepada bapak Mokhtar, Kepala Desa lama yang telah meletakkan pondasi sistem pemerintahan, yang kuat selama ini. Dengan dibuktikan banyaknya prestasi yang dicapai,” ucap Ketua Panitia Pilkadesa Rengel, Siswoko kepada blokTuban.com, Jumat (28/10/2022).

Keberhasilan dan kelancaran pelaksanaan pemungutan suara tersebut, juga didukung oleh masyarakat, dibantu dengan Polres dan juga Linmas Desa setempat. Kendati hasil akhir pemungutan suara sudah diketahui, namun masih belum ditetapkan secara resmi.

Pasalnya, penetapan secara resmi Kepala Desa yang baru, dilakukan pada rapat pleno rekapitulasi perolehan suara, yang akan dilaksanakan pada malam harinya. Dengan dihadiri oleh Forkopimka Rengel, Perangkat Desa Rengel, BPD, Calon Terpilih, Ketua KPPS, serta tokoh masyarakat.

Dengan terpilihnya Cakades baru ini, maka ia berharap ke depannya Cakades terpilih, dapat merealisasikan visi dan misi yang digaungkan selama ini, agar Desa Rengel menjadi lebih baik lagi kedepannya.

“Kami berharap Bapak Kades terpilih, nanti dapat mengoptimalkan kinerja Lembaga Kemasyarakatan yang ada di Desa Rengel, serta dapat merealisasikan visi dan misi yang telah diprogramkan, agar Desa Rengel bisa  menjadi lebih aman, makmur dan sejahtera,” paparnya. [Sav/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS