23 Cakades Petahana, 5 Diantaranya  Tak Menang Kembali di Pilkades Tuban

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Pada pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tuban, yang diselenggarakan Kamis kemarin (27/10/2022) terdapat 23 Calon Kepala desa (Cakades) Petahana. Tidak semua petahana berhasil memenang jabatan kepala desa.

Dari data yang diperoleh blokTuban dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos P3A dan PMD) Tuban,  terdapat 18 Cakades petahana yang berhasil melanjutkan menjadi kepala desa 

"Sedangkan 5 petahana diantaranya gagal," ujar Kepala Dinsos P3A dan PMD Tuban, Eko Julianto kepada blokTuban.com, Jumat (28/10/2022)

Desa Klakeh - Kecamatan Bangilan dimenangkan oleh Sugiono dengan perolehan suara 673, Desa Boncong - Kecamatan Bancar dimenangkan oleh Dasri dengan suara sah 585, Desa Ngampelrejo - Kecamatan Bancar  dimenangkan oleh Taryono dengan suara 1.128.

Desa Rayung - Kecamatan Senori dimenangkan oleh Sutomo dengan perolehan suara sah 2.238, Desa Katerban dimenangkan oleh Karsipin dengan suara sah 1.602, Desa Tunggulrejo - Kecamatan Singgahan dimenangkan oleh Soekarno dengan perolehan suara sah 1.079.

Desa Jarorejo - Kecamatan Kerek dimenangkan oleh Sugiman dengan perolehan suara sah 3.010, Desa Sukorejo - Kecamatan Parengan dimenangkan oleh Wiwik Hartati dengan perolehan suara sah 1.673, Desa Gunung Anyar - Kecamatan Soko dimenangkan oleh Akh. Rinduan dengan perolehan suara sah 1.329.

Desa Sokorejo - Kecamatan Jenu dimenangkan oleh zubas Arief Rahman Hakim dengan perolehan suara 1.642, Desa Kapu - Kecamatan Merakurak dimenangkan oleh Darmo dengan perolehan suara 1.214 sedangkan Desa Sumber dimenangkan oleh Suntoro dengan perolehan suara sah 690.

Desa Sumberagung - Kecamatan Plumpang memenangkan oleh Sunarto dengan perolehan suara 2.576, Desa Kradenan - Kecamatan Palang dimenangkan oleh Sri Rahayu dengan perolehan suara 690, Desa Dawung dimenangkan oleh Karsilan dengan perolehan suara 839.

Desa Compreng - Kecamatan Widang dimenangkan oleh Mochamad Sanudin dengan suara sah 1.007, Desa Sumberrejo dimenangkan oleh Teguh Budi Haryanto dengan suara sah 1.557, Desa Banyubang - Kecamatan Grabagan dimenangkan oleh Rasidan dengan perolehan suara sah 1.826.

Sedangkan calon kepala desa pertahana yang tidak berhasil menjabat kembali yaitu dari Desa Sukoharjo - Kecamatan Bancar dengan perolehan suara sah 624 dan pertahana dari Desa Kemlaten bernama Ahmad Farid Vergiawan tidak bisa menjabat kepala desa karena hanya memperoleh 303 suara. Tak berbeda jauh Ruswandi petahan dari Desa Margoasri juga harus menerima kenyataan kalah di Pilkades tahun ini karena hanya memperoleh 225 suara.

Desa/ Kecamatan Rengel Rengel, Muhammad Muchtar sang petahana harus kalah dengan pesaingnya karena ia hanya mendapatkan suara 2.030 dan yang terakhir di Desa Tegalbang - Kecamatan Palang Yudi juga gagal menjadi kepala desa kembali karena hanya mendapatkan 693 suara.

“Paling lambat 7 hari pengumpulan hasil rekapitulasi suara. BPD melaporkan kepada Bupati melalui Camat,” ujarnya Eko.

Sedangkan di lain tempat Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-P3APMD) Tuban Suhut, mengatakan, baru terdapat dua kecamatan yang menyetorkan hasil penghitungan pilkades kemarin.

“Saat ini sudah ada 2 kecamatan yang melapor, kita verifikasi semua berkas yang masuk,” tandas Suhut.

Nantinya pada tanggal 27 Desember 2022 mendatang akan diadakan pelantikan kepada para kades yang berhasil menang di ajang Pilkades serentak Kabupaten Tuban 2022 ini. [Nur/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS