Bawaslu Kabupaten Tuban Umumkan 60 Orang Panwascam Terpilih

Reporter:  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban telah mengumumkan 60 orang yang terpilih menjadi Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang terpilih pada Rabu (26/10/2022). Mereka nantinya akan bertugas untuk mengawasi pemilihan umum pada tahun 2024.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban Sullamul Hadi, 60 orang ini merupakan orang yang terpilih dari 400 lebih orang yang mendaftar. Sebelumnya 60 orang ini melakukan beberapa seleksi seperti administrasi dan Computer Assist Test (CAT) menjadi 120 orang. Setelah itu mereka diseleksi lagi melalui wawancara dan hasilnya menjadi 60 orang saat ini.

“Dari 400 lebih orang yang mendaftar diseleksi pertama dikerucutkan menjadi 120 orang, setelah itu kita melakukan wawancara dan hasilnya menjadi 60 orang,” ucap Sullamul Hadi kepada blokTuban.com.

Pnwascam yang berjumlah 60 orang ini nantinya akan ditempatkan di kecamatan-kecamatan yang ada di Tuban. Kabupaten Tuban sendiri terdapat 20 Kecamatan dan nantinya setiap Kecamatan akan diisi oleh Panwascam sebanyak 3 orang.

Hadi juga menambahkan dari 60 orang tersebut terdapat beberapa orang lama dan beberapa merupakan orang baru, dengan skala perbandingan 30% orang lama dan 70% orang baru. Dan meraka yang terpilih kebanyakan pernah terlibat dalam aktifitas kepemiluan, baik itu sebagai PPL, KPPS, PPS maupun posisi lainnya.

Pengambilan  orang lama didasari dengan tingkat kerawanan di daerah tersebut serta pengalaman yang telah dimiliki oleh orang lama ini. Sedangkan untuk orang baru sendiri mereka menekankan dengan nilai kaderisasi dengan memberi peluang kepada yang peduli dengan demokrasi.

Dan nantinya untuk setiap kecamatan yang memiliki potensi kerawanan tinggi akan dikasih 1 orang pengawas lama, dan 2 diantaranya orang baru. Akan tetapi tidak semuanya seperti itu, ada beberapa kecamatan yang tingkat kerawanannya kecil juga dikasih para orang baru.

Hadi berpesan kepada para pendaftar yang belum terpilih, agar tetap semangat dan melakukan pengawasan demokrasi, serta tetap meningkatkan kepeduliannya kepada proses jalannya pemilihan. Ia menaruh hormat bagi yang telah mendaftar, serta ia mengucapkan terima kasih dan mohon maaf kepada pendaftar yang belum lolos.

"Sedangkan untuk para pengawas yang lolos ini adalah amanah dalam rangka mewujudkan kepentingan negara, maka tanggung jawab terhadap lembaga untuk mengawasi pemilu adalah yang diutamakan," tambanya.

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS