Sembilan Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hujan mulai turun kembali di bulan Oktober 2022. Khususnya di Kabupaten Tuban, hujan lebih sering turun sore hingga malam hari, Senin (24/10/2022). 

Meskipun prediksi hujan akan turun sudah dirilis berkala oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), namun genangan dan aliran air berpotensi membahayakan pengguna jalan saat berkendara. 

Apabila tak berhati – hati, kendaraan dapat slip dan menjadi awal celaka. Berikut sembilan tips berkendara saat musim hujan dari Satlantas Polres Tuban, seperti yang diunggah dalam akun instagramnya supaya berkendara lebih aman dan nyaman.

 

1. Gunakan jas hujan 

Jas hujan berfungsi melindungi tubuh dari guyuran air hujan. Berkendara R2 saat hujan tanpa menggunakan jas, berpotensi menyebabkan sakit demam, masuk angin, dan lain sebagainya. Untuk itu, sedia jas hujan di jok sangat penting saat hujan. 

 

2. Periksa kondisi dan tekanan ban

Tekanan ban idealnya harus terus diperiksa setiap hari. Sebab, kurangnya tekanan ban pada kendaraan dapat menyebabkan selip hingga ban bocor. Pengguna kendaraan perlu memahami, tekanan ban harus disesuaikan saat berkendara sendirian atau berboncengan. Sebab, jika tidak sesuai tekanan bannya akan memicu laka lantas. 

 

3. Periksa lampu kendaraan

Sama halnya dengan mata manusia, kendaraan juga penting memiliki lampu yang sehat. Sebab, tanpa lampu penerangan yang terang akan menyusahkan penggunanya. Saat hujan turun, pandangan terbatas dan adanya lampu berfungsi membantu melihat situasi di depan kendaraan dan mengurangi resiko tabrakan dari lawan arah. 

 

4. Periksa kondisi kontrol kendali

Pada kendaraan R2 ada beberapa bagian kontrol kendalinya, seperti tuas gas, rem, dan kopling. Ketiga tuas tersebut harus dipastikan sebelum berkendara, agar saat kondisi spontan tidak membahayakan penggunanya. Apalagi musim hujan, kontrol kendali kendaraan berperan penting untuk menghindari kecelakaan. 

 

5. Menggunakan helm dengan kaca

Tak hanya berfungsi melindungi kepala dari benturan, helm dengan kaca juga penting dipakai saat hujan. Sebab, dengan kaca tersebut pandangan seseorang dapat lebih fokus ke depan. Berbeda saat berkendara tanpa menggunakan helm, tentu akan mengurangi kenyamanan dan jarak pandang. 

 

6. Kurangi laju kecepatan

Memacu kendaraan kencang saat musim hujan beresiko kecelakaan. Sebab, selain kondisi jalan lebih licin karena basah juga banyak jalan rusak atau berlubang akibat guyuran hujan. Oleh sebab itu, mengurangi laju kendaraan menjadi salah satu faktor keselamatan bagi pengendara saat hujan. 

 

7. Jaga jarak dengan pengandara lain

Jarak aman harus menjadi prioritas pengguna jalan, utamanya berkendara di jam padat seperti berangkat dan pulang kerja atau sekolah. Ketika pengendaran terlalu dekat dengan yang lain, resiko benturan lebih tinggi sebab hujan mengurangi jarak pandang pengemudi. 

 

8. Waspada dengan genangan air

Genangan air terkadang disepelakan oleh pengendara R2 atau R4. Jangan salah, kita tidak pernah tahu seberapa dalam genangan tersebut. Untuk itu, agar aman dan tidak terperosok, baiknya hindari genangan air di depan kendaraan kalian. 

 

9. Jangan berteduh di bawah pohon

Turunnya hujan kerap kali diikuti angin kencang. Jika berteduh di bawah pohon, sama halnya beresiko tertimpa dahan atau ranting pohon. Tak hanya merusak kendaraan, dahan pohon dengan ukuran besar juga dapat merenggut nyawa seseorang. 

Itulah tips aman berkendara saat musim hujan. Bagi pengguna jalan yang membutuhkan bantuan atau informasi dapat menghubungi langsung di Instagram Lantas Polres Tuban. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS