Kondisi Terkini Terminal Jatirogo Tuban Tampak Bus Jurusan Bojonegoro-Lasem

Reporter : Muhammad Nur Rofiq

blokTuban.com - Selain Terminal Kambang Putih, Kabupaten Tuban juga memiliki satu terminal lagi yang terletak di Kecamatan Jatirogo. Terminal penumpang tipe c itu, dikelola oleh UPTD Terminal Jatirogo di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Tuban, Senin (24/10/2022). 

Terminal tersebut letaknya 65 Kilometer dari pusat kota Tuban dan 5 Kilometer sebelah timur perbatasan Jatim dan Jateng. Memiliki luas 5.300 meter persegi, terminal tersebut berada di utara kawasan perkotaan Kecamatan Jatirogo ikut Desa Wotsogo. 

Informasi dari berbagai literatur, menyebutkan bahwa Terminal Jatirogo memiliki tiga rute seperti rute angkutan pedesaan, angkutan AKDP dan bus AKAP. Untuk rute pedesaan yang beroperasi kendaraan tipe Mitstubisi Colt L300 (pick up) dengan tutup bak belakang. Kendaraan ini melayani trayek Bulu-Bancar, Kenduruan, Bangilan, Singgahan, dan Senori. 

Berikutnya rute angkutan AKDP. Armada yang digunakan berupa medium bus berfasilitas kelas ekonomi. Rute lintasan bus dengan panjang trayek 49 km ini dimulai dari terminal ini menuju Kedungringin (Bangilan), Bakalan (Singgahan), Pasar Jojogan (Singgahan), Pasar Tunggulrejo (Singgahan), Pasar Ponco (Parengan), Banjarsari (Trucuk) dan mengakhiri perjalanan di Terminal Rajekwesi (Bojonegoro). 

Jadwal keberangkatan bus tersedia mulai pukul 05.15 s.d. 15.37 WIB, dengan interval antar keberangkatan sekitar 15 s.d. 30 menit sekali. Metode pembayaran bus dilayani langsung di atas kendaraan (oleh kondektur), tanpa melalui agen/loket bus. 

Beberapa perusahaan otobus (PO) penyedia layanan trayek Jatirogo - Bojonegoro di Terminal Jatirogo (tahun 2021), yaitu PO Andikom Indah, PO Mulya Agung, PO Raka Putra, dan PO Widji Lestari

Terahir rute bus AKAP dengan armada berupa microbus (angkutan pedesaan Rembang) berfasilitas kelas ekonomi. Rute lintasan bus dengan panjang trayek 38 km ini dimulai dari terminal ini menuju Sale (Sale), Karas (Sedan), Pasar Pamotan (Pamotan), Pasar Jolotundo (Lasem) dan mengakhiri perjalanan di Terminal Lasem (Lasem). 

Jadwal keberangkatan bus tersedia mulai pukul 05.00 s.d. 12.00 WIB, dengan jumlah keberangkatan sebanyak enam kali per hari dari terminal ini. Metode pembayaran bus dilayani langsung di atas kendaraan (oleh kondektur), tanpa melalui agen/loket bus. [Rof/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS