Jangan Langsung Panik, Begini Langkah Jika Bertemu Ular Agar Tak Diserang

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pada musim hujan seperti saat ini, biasanya ular lebih banyak keluar dari habitatnya. Maka tak heran, jika kalian akan lebih sering bertemu dengan ular secara tiba-tiba, bahkan di tempat yang tak disangka sekalipun.

Saat berada di posisi tersebut, kebanyakan orang akan merasa panik dan akibatnya salah dalam mengambil tindakan, yang justru dapat berakibat fatal. Sebenarnya, dalam situasi seperti itu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh manusia.

Ketua Exotic Animal Lovers (Exalos) Indonesia, Janu Wahyu Widodo, mengatakan jika seseorang bertemu dengan ular secara tiba-tiba, maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah tetap tenang dan tidak panik. Karena itu adalah kunci dari keselamatan diri, ketika berhadapan dengan ular.

“Secara umum masyarakat takut dengan ular karena bisa digigit ketika menyerang, padahal karakter ular sendiri, dia tidak akan menyerang kecuali terprovokasi, seperti menginjak secara tidak sengaja. Kita kaget itu juga bagian dari provakasi, jadi usahakan untuk tetap tenang,” ujarnya, Minggu (23/10/2022).

Hal tersebut, disebabkan karena sebenarnya ular memiliki penglihatan yang agak rabun atau kurang jelas. Jika kalian bertemu dengan ular tapi diam, maka binatang melata ini akan mengira jika kaki kalian adalah pohon, dan dia akan mengabaikan keberadaan kalian.

Akan tetapi, jika kalian melakukan pergerakan yang berlebih sepeti loncat-loncat atau berlari, ular akan mengira jika kalian adalah ancaman baginya. Ular akan menyerang kalian.

“Kalau kita tidak melakukan provokasi, maka ular tidak akan menyerang. Karena karakter ular adalah bertahan, kemudian ular juga tidak memiliki kemampuan mendengar dan melihat dengan bagus,” sambungnya.

Dengan demikian, lanjut Janu sapaan akrabnya, biasanya ular bisa mengetahui lingkungan sekitarnya dengan sensor lain yang dimilikinya, seperti sensor panas dan juga sensor gerakan. Namun, ketika kalian ingin menjauhi ular, maka sebaiknya melangkah dengan pelan dan tenang selangkah demi selangkah, saat dirasa posisi ular sudah sedikit menjauh dan aman.

Kendati kalian tidak disarankan untuk melakukan pergerakan yang berlebih, namun kalian diperbolehkan berteriak untuk meminta pertolongan. Apabila hal tersebut tidak memungkinkan, ada baiknya kalian memikirkan cara yang lain.

Salah satunya, mencari alat di sekeliling seperti kayu atau tongkat yang panjang, untuk dapat memblock langkah ular tersebut. Namun perlu diingat, untuk menangani ular dengan menggunakan tangan secara langsung tidak diperbolehkan. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS