Harga Tepung Terigu Naik, Pedagang Kue Tuban Akui Tak Bisa Naikkan Harga Jual

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Harga tepung terigu di beberapa pasar di Kabupaten Tuban saat ini, terpantau mengalami kenaikan diangka Rp10 ribu per kilogram untuk kualitas medium. Naiknya komoditas tepung ini, sudah dirasakan oleh para pedagang sejak beberapa bulan lalu.

Kenaikan harga tepung terigu tersebut, salah satunya berimbas pada penjual kue yang ada di Kabupaten Tuban, termasuk Sri, penjual brownis asal Kecamatan Plumpang. Menurutnya, kenaikan tersebut sangat berpengaruh terhadap jualannya, terlebih harga bahan-bahan penunjang lainnya, juga belum stabil di pasaran.

“Iya mbak sangat mempengaruhi usaha kue saya, apalagi sekarang semua bahan ikut naik semua,” ujarnya saat dikonfirmasi blokTuban.com, Minggu (23/10/2022).

Kendati demikian, tidak banyak yang bisa ia lakukan, pasalnya, di tengah kemelut melonjaknya harga bahan baku yang menghantamnya. Perempuan 24 tahun ini hanya bisa pasrah, lantaran saat ini tidak dapat menaikkan harga jual kue nya di pasaran.

Hal tersebut, dilakukannya karena khawatir jika pharga kue nya dinaikkan, maka para pelanggannya akan kabur karena menilai harganya terlalu mahal. Ia tidak berani mengambil resiko tersebut.

“Jadi bingung sekali, karena kita dituntut dan diharuskan untuk menjaga kualitas produk, sedangkan harga jualnya tetap sama,” sambungnya.

Sementara itu, penjual kue lainnya, lusi juga menyatakan hal yang serupa. Di tengah harga komoditas tepung yang terus naik di pasaran. Kini ia mengaku sedang dilandan dengan kebimbangan, lantaran tidak dapat menaikkan harga jual fudgy brownies jualannya. Karena marketnya adalah masyarakat yang tinggal di pedesaan, sehingga ia khawatir jika produknya tersebut menjadi kurang diminati.

“Berdampak banget mbak kenaikan harga tepung ini, mau naikann harga juga disini marketnya kan pedesaan, jadi takutnya malah nanti nggak laku. Tapi dulu awal-awal harga bahan baku naik, sempat saya naikkan harga jualnya sampai sekarang, alhamdulillah sih mbak masih ada peminatnya,” jelasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS