Waspada Gagal Ginjal Akut pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu Gejala dan Penanganannya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Belakangan ini kasus gagal ginjal akut merebak di Indonesia. Hal ini menyebabkan kekhawatiran bagi orang tua yang memiliki anak atau balita.

Kementerian Kesehatan RI melalui akun media sosial resminya menyatakan penyakit gagal ginjal akut yang menyerang anak usia 0-18. Temuan kasusu ini  meningkat signifikan sejak 2 bulan terakhir.

"Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab dari penyakit ini, untuk itu investigasi masih terus dilakukan Kemenkes bersama IDAI, Badan POM, ahli epidemologi dan puslabfor," keterangan Kemenkes yang dikutip pada Jumat (21/10/2022).

Baca juga: Waspada! Jumlah Air Seni Anak Menurun Berpotensi Gejala gagal ginjal

Gangguan gagal ginjal akut ini begitu misterius. Tim medis menyebutnya Acute Kidney Injury (AKI). 

Penyakit ini menyebabkan penurunan yang cepat dan secara tiba-tiba pada fungsi ginjal. Gagal ginjal ditandai dengan penurunan volume buang air kecil hingga tidak buang air kecil sama sekali.

Sebagai bentuk kewaspadaan dini, ada beberapa gejala penyakit gagal ginjal akut yang perlu diperhatikan terkait gejala dan penanganan pada pasien gagal ginjal akut. 

"Meski bukan penyakit menular, orang tua diminta untuk selalu memantau kesehatan buah hatinya. Bila anak, tiba-tiba mengalami penurunan jumlah urine, sebaiknya segera dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat," jelasnya.

Baca juga: Simpang siur Sirup Paracetamol, Pemerintah Larang Etinol Glikol Pada Obat Anak

Gejala yang penting diperhatikan orang tua:

1. Demam, batuk, pilek pada anak usia 0-18 tahun.

2. Gejala infeksi saluran cerna (ditandai mual dan muntah).

3. Warna urine berubah menjadi coklat, juga mengalami penurunan jumlah urin hingga tidak buang air kecil sama sekali.

Baca juga: Waspada Gagal Ginjak Anak, Tuban Hentikan Peredaran Obat Sirup

"Masyarakat juga diminta untuk tetap tenang, namun selalu waspada dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, konsumsi obat dengan baik dan benar serta konsumsi air putih yang cukup. Salam sehat!," tambahnya.[Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS