Kalah dari Tulungagung, Nasi Jagung TP PKK Tuban Juara 2 LCM B2SA Jatim

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Lomba Cipta Menu, Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (LCM B2SA) tingkat Provinsi Jawa Timur yang diikuti Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dari 38 kabupaten/kota telah muncul pemenangnya. 

Juara 1 diraih TP PKK Kabupaten Tulungagung, kemudian disusul TP PKK Kabupaten Tuban juara 2 dan juara 3 diperoleh Kabupaten Sumenep. Ketua TP PKK Kabupaten Tuban, Hart Novembria Susetyowati Agung Tri Wibowo kepada media, mengaku sangat mengapresiasi penghargaan yang mampu diraih oleh TP PKK Tuban. 

"TP PKK Kabupaten Tuban mampu meraih juara 2 pada lomba LCM B2SA dalam rangka Hari Pangan se-Dunia ke-42 Tingkat Provinsi Jawa Timur. Prestasi ini berharga bagi kami," ucapnya, Jumat (21/10/2022).

Lanjut Novi sapaan akrabnya, bahwa prestasi seperti ini memang sudah lama ditunggu-tunggu. Sebab, prestisiusnya lomba PKK adalah pada kegiatan tersebut.

"Juara 2 ini luar biasa, karena kita delegasikan TP-PKK Kecamatan Semanding pada lomba itu dari hasil lomba tingkat kabupaten yang terdahulu," ungkap perempuan yang juga Kabid Sarana Pertanian pada DKP2P Tuban ini.

Baca juga :

Resep Olahan Belut Rica-Rica Khas Tuban yang Pedas dan Gurih

Cocok Buat Bekal Sekolah, Begini Cara Membuat Ayam Suwir Kemangi

Resep Seblak Kerupuk Aci Dijamin Lezat

Istri Kepala Bappeda Litbang Tuban ini juga mengakui, karena dulu masih masa pandemi covid-19 TP-PKK Tuban tidak jadi dikirimkan lomba dan sudah ada pergantian ketua TP PKK Semanding.

"Akhirnya mereka membuat menu baru, mulai dari awal pengumuman lomba. Hingga akhirnya TP PKK Semanding yang menjadi delegasi meskipun dengan menu dan ragam berbeda," tandasnya.

Masih menurut ketua TP PKK Tuban, menu yang akan diikutsertakan dalam lomba itu, telah melalui uji coba yang cukup lama, termasuk di antaranya mencoba hasil masakannya.

Terkait menu yang ikut dilombakan, TP PKK Kabupaten Tuban menyajikan menu berdasarkan kearifan lokal. Ada nasi jagung, sayur dari hasil kebun PKK sendiri, yang disajikan sedemikian rupa.

Diketahui, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada puncak peringatan Hari Pangan Sedunia ke-42 di Jatim Expo Surabaya, Rabu, 19 Oktober 2022.

Pada kesempatan yang sama, Kelompok Wanita Tani (KWT) Padang Terang asal Desa Dawung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban sukses menjadi juara 2 lomba pelaku usaha Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) tingkat Jawa Timur.

Srikayatin (45) Ketua KWT Padang Terang menyampaikan kepada blokTuban.com, bahwa produk yang mendapat poin banyak dan menarik perhatian dewan juri yaitu rengginang kelor. Pada umumnya rengginang berasa asin atau manis, tetapi setelah ditambah inovasi sedikit dengan kelor maka menjadi produk berbeda dan menjadi primadona. 

“Yang paling di lirik rengginang kelor. Di mana produk tersebut telah menjangkau pasar Bali dan luar Pulau Jawa," tambah wanita yang juga seorang guru mengaji ini. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS