720 SMAN 1 Tuban Ikuti LKBB Adipati 2.2 se-Jawa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah 720 siswa SMAN 1 Tuban mengikuti Lomba Kreasi Baris Berbaris Aksi Pemuda Inovasi Paskibra Terpadu Indonesia (LKBB ADIPATI 2.2) di tingkat SMA/SMK/MA Se-Jawa (Open) pada tahun 2022.

Ratusan siswa tersebut terbagi dalam 40 tim yang akan bersaing dengan seluruh tim tingkat SMA sederajat se Pulau Jawa, Minggu (9/10/2022). 

Plt. Kepala SMAN 1 Tuban, Dra. Wiwik Widowati, mengatakan 40 tim tersebut akan bertanding di bidang kecakapan baris-berbaris. Adapun dewan juri berasal dari unsur TNI dan juri profesional yang independen.

"Siswa SMAN 1 Tuban dididik untuk memiliki kedisiplinan dan karakter luhur yang kuat. Hal tersebut ditempuh melalui kegiatan baris-berbaris, salah satunya LKBB ADIPATI," ujar Wiwik.  

Dia berharap, LKBB kali ini mampu memotivasi siswanya agar senantiasa disiplin dengan cara-cara yang menyenangkan. Sebab, pendidikan karakter menjadi poin penting pada kurikulum merdeka yang digunakan saat ini. 

LKBB Adipati sendiri dibuka langsung oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky di SMAN 1 Tuban. Bupati Lindra mengungkapkan latihan baris-berbaris (LBB) akan membentuk kedisiplinan dan karakter generasi muda. 

Kegiatan LBB juga melatih teamwork dan kepercayaan terhadap anggota tim lainnya. Selain itu, juga didapatkan kemampuan seperti kepemimpinan, public speaking, dan percaya diri juga ditanam melalui LBB.

"Nilai-nilai tersebut menjadi pondasi penting meraih kesuksesan di masa mendatang," ungkapnya.

Lindra menekankan bahwa generasi muda saat ini akan menjadi pemimpin-pemimpin di masa mendatang. Karenanya, perlu dibekali dengan kemampuan baik akademik maupun non-akademik. 

Menurutnya, anak muda harus mampu berkarya, berinovasi, dan membawa pembaharuan sebagai bentuk kontribusi bagi bangsa Indonesia.

Lebih lanjut, sebagai generasi muda harus mengedepankan semangat untuk meraih prestasi dan capaian setinggi-tingginya. 

"Harus memiliki mental juara, menjadi pemenang dalam banyak hal," serunya. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS