Makan Buah Jeruk Lebih Sehat Dibanding Minum Jus Jeruk? Kok Bisa?

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Meminum jus jeruk ditengah terik siang memang nikmat. Namun dalam pandangan kesehatan, rupanya memakan buah jeruk lebih sehat dibandingkan meminum jus jeruk?

Buah-buahan yang diolah dengan cara dibuat jus, menurut dr Zaidul Akbar, akan membuat kadar gula dalam buah tersebut meningkat. Atau terjadi lonjakan glukosa meski berasal dari gula alami buah-buahan.

Baca juga: Resep Alami Obati Asam Lambung 'GERD' dr zaidul Akbar, Kenali Gejalanya

"Hukum gula akan tetap berlaku jika tidak dipakai ya akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk glikogen atau lemak, jika terus menerus tubuh berlebihan gula tadi," ujarnya seperti dikutip blokTuban.com di akun Youtube dr Zaidul Akbar Official pada Sabtu (8/10/22).

Pada sebuah penelitian, menurut dokter yang menggeluti pengobatan herbal ini mengatakan setelah minum jus jeruk akan menyebabkan gula darah meningkat. Berbeda dengan peningkatan gula darah yang hanya makan buha jeruk saja. 

Baca juga: Resep dr zaidul Akbar Obat Pilek Herbal Hanya Menggunakan 3 Bahan

"Ini belum kalau jus jeruknya ditambah gula atau susu kental manis, plus tambah es. Lengkap sudah beban tubuh," tambahnya.

Sebab itu, ia menyarankan makan buah lebih baik. Bisa dibuat jus namun jangan terlalu sering. Biar tubuh tidak kaget dengan lonjakan glukosa setelah minum jus buah. Hal ini tidak hanya berlaku pada jus jeruk saja.

"Jika dibiarkan terus menerus melonjak gulanya, maka ginjal pankreas akan menderita," pangkasnya.[Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS