3 Amalan Sambut Maulid Nabi, Wujud Cinta Terhadap Rasullah SAW

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW menjadi hari yang penting bagi umat Islam. Berikut ini 3 amalan yang dapat dilaksanakan untuk memperingati Maulid Nabi.

Dalam pandangan umum, umat muslim tanah air kerap mengadakan berbagai kegiatan yang sarat akan makna bersyukur di hari kelahiran Rasulullah tersebut.

Dari rangkuman NU Online, berikut amalan utama yang dapat dilaksanakan bagi umat Islam yang hendak memperingati hari Maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal.

1. Puasa Sunnah

Terdapat amalan puasa sunnah yang oleh Rasulullah dianjurkan, terlebih karena kebaikannya yang sebanding dengan puasa setengah tahun.

Dalam Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada puasa yang lebih afdal dari puasa daud. Puasa daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari puasa dan sehari tidak."

2. Senantiasa Bersholawat

Sholawat menjadi bagian dari keseharian umat Islam. Hampir setiap hari sholawat Nabi dilantunkan.

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya berselawat pada Nabi. Hai orang-orang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan," QS Al-Ahzab:56.

3. Menjadikan Nabi Muhammad sebagai suri tauladan

Dalam surat Ali Imran ayat 31 dijelaskan bahwasanya mencintai Allah salah satunya dengan meneladani sifat-sifat baiik yang ada pada Rasulullah SAW.

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Itulah amalan yang dapat dilakukan umat muslim dalam rangka memperingati Maulid Nabi.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS