Seluruh Armada Tambang SIG Tuban Dipasangi Sensor dan Kamera

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pada aspek keselamatan pertambangan, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menerapkan driving monitoring system (DMS) dengan memasang fatigue sensor dan in-cabin camera di seluruh armada tambang, Jumat (30/9/2022). 

DMS tersebut merupakan alat monitoring operator untuk mencegah terjadinya accident akibat fatigue dan unsafe action saat mengoperasikan unit ketika bekerja. Dengan DMS ini, pengawas dapat memonitor dan intervensi secara realtime sehingga mampu mewujudkan zero accident di area tambang.

Langkah tersebut, mengantarkan perusahaan semen plat merah menerima penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada ajang Good Mining Practices Award 2022.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan salah satu bukti komitmen SIG untuk menciptakan kondisi kerja yang aman dan perlindungan terhadap lingkungan hidup pada operasional pertambangan. SIG meraih penghargaan atas upaya pengelolaan lingkungan pertambangan yang berkelanjutan di Pabrik Tuban.

“Proses penambangan yang dilakukan SIG di Pabrik Tuban menerapkan metode zero run off, metode ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan air bawah tanah di area tambang. Sedangkan pengelolaan lahan pascatambang, kami menerapkan inovasi reklamasi dengan menggunakan sistem alur. Teknik ini dilakukan dengan membuat lubang berbentuk alur memanjang, seperti parit dengan dimensi tertentu sebagai media tanam, sehingga lebih efektif dan efisien serta ramah lingkungan,” kata Vita Mahreyni dalam keterangan resminya. 

Baca juga :

Amankan Wilayah Operasi di Indonesia dan Vietnam, SIG Gunakan Teknologi Cloud AWS

Produk Semen Hidraulis Tipe HE Pertama di Indonesia Telah Lulus Uji Kemenperin

Santri Magang di Perusahaan BUMN, Tiga Bulan akan Belajar Bisnis dan Wirausaha

Vita Mahreyni mengungkapkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus motivasi bagi perusahaan untuk terus melakukan inovasi dalam penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik sebagai upaya penerapan ESG (Environmental, Social and Governance) di lingkungan perusahaan.

Kegiatan penyerahan penghargaan atau Good Mining Practices Award 2022 dilaksanakan atas dasar penilaian yang dilakukan oleh para tim penilai yang sangat kompeten dan profesional di bidangnya dan juga kegiatan penilaian dilakukan terhadap upaya yang telah dilaksanakan oleh perusahaan pertambangan dan perusahaan pemegang jasa dalam menerapkan kaidah teknis pertambangan yang baik dan dalam periode tahun lalu yaitu tahun 2021.

Kegiatan penilaian tahun ini diikuti oleh kontrak karya sejumlah 19 perusahaan, PK2B sebanyak 54 perusahaan kemudian Izin Usaha Pertambangan PMA sejumlah 52 perusahaan, Izin Usaha Pertambangan PMDN sejumlah 1.443 perusahaan, kemudian Izin Usaha Pertambangan BUMN sejumlah 18 perusahaan, Izin Usaha Pertambangan khusus sejumlah 6 perusahaan dan yang terakhir izin usaha jasa pertambangan sejumlah 174 perusahaan.

Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik Tahun 2022 ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah kepada pelaku kegiatan pertambangan mineral dan batubara yang berhasil menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik dengan tujuan agar badan usaha pemegang izin usaha pertambangan maupun izin usaha jasa pertambangan memiliki motivasi yang konsisten dalam menerapan kaidah teknik pertambangan yang baik.

Diketahui, penghargaan diserahkan oleh Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Ditjen Minerba, Lana Saria kepada Eko Purnomo, Departement of Mining & Raw Material SIG, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (29/9).

Tiga penghargaan yang diraih SIG yakni Penghargaan Aditama Kategori Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Kelompok Badan Usaha Pemegang IUP Komoditas Mineral dan Batubara; Penghargaan Utama kategori Aspek Pengelolaan Keselamatan Pertambangan, Kelompok badan usaha pemegang IUP BUMN, IUP PMA, IUP PMDN komoditas mineral dan batubara, serta Predikat Terbaik pada Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Kelompok Badan Usaha Pemegang IUP Komoditas Mineral dan Batubara. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS