Enam Museum Indonesia Pamerkan Benda Bersejarah di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Museum Kambang Putih, yang terletak di Jalan Kartini, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban menggelar pameran bersama enam musem yang ada di Indonesia. 

Adapun enam musium yang mengikuti pameran, dengan tema Samudra Pengantar Budaya ini. Diantaranya ialah Museum Kambang Putih Tuban, Museum Bagawatan Kabupaten Kediri, Museum Cakraningrat Kabupaten Bangkalan, Museum Daerah Tulungagung, hingga Bayt Al-Qur’an Museum Istiqlal TMII Jakarta. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, M. Emawan Putra, mengatakan bahwa Museum Kambang Putih Tuban ini, memiliki kurang lebih sebanyak 5.774 koleksi benda bersejarah. 

Benda-benda bersejarah tersebut, merupakan hasil kekayaan budaya di Kabupaten Tuban dan arkeologi, yang ada sejak zaman majapahit. Kegiatan pameran ini sendiri, sebagai salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, untuk memperkenalkan Keberadaan Musem Kambang Putih kepada masyarakat. 

“Kami ingin mengedukasi kepada masyarakat, agar mengetahui apa saja benda koleksi disini. Karena selama ini Museum Kambang Putih kurang dikenal,” ungkapnya, Sabtu (25/9/2022).

Oleh karena itu, lanjut pria yang akrab disapa Emawan ini, jika pihaknya secara berkala berkeinginan untuk membangkitkan kembali budaya di Kabupaten Tuban. Dengan cara menggelar pameran semacam ini, serta mengundang beberapa museum dari luar daerah Kabupaten Tuban. 

Sementara itu, Kepala Museum dari Kabupaten Bangkalan, sekaligus peserta pameran, Cici mengungkapkan jika pihaknya baru pertama kali diundang untuk mengikuti pameran di Kabupaten Tuban. Menurutnya, dengan mengikuti kegiatan ini ia memiliki lebih banyak wawasan dan jaringan dari museum yang ada di daerah lain. 

“Alhamdulillah bisa berwawasan dengan musem-museum lain. Jadi kami bisa bersilaturahmi dengan para musem-musem dari seluruh Jawa Timur. Antusias masyarakatnya banyak sekali, kemarin juga ada siswa juga banyak yang berkunjunga,” jelasnya. 

Selain mengenalkan koleksi-koleksi yang ada di museummnya, dalam pameran tersebut perempuan ramah ini juga turut mengenalkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bangkalan. 

Dengan demikian, ia berharap agar kedepannya Kabupaten Tuban kembali mengadakan pameran musium, dengan tema yang berbeda. Serta dapat kembali mengundang Museum Cakraningrat pada kegiatan selanjutnya. 

“Semoga kami bisa diundang lagi oleh Kabupaten Tuban untuk mengikuti pameran musem dengan tema yang berbeda,” pungkasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS