Fashion Show Gadis Pesisir Tuban 2022 Sukses Digelar di Pantai Semilir Socorejo

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kegiatan fashion show gadis Pantai Semilir Tuban tahun 2022 sukses digelar. Acara yang dipusatkan di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Tuban diikuti puluhan gadis dari Tuban, Lamongan, hingga Jawa Tengah. 

Fashion show gadis pantai tahun ini dikemas dengan fashion batik Tuban. Di mana setiap peserta ditantang untuk menampilkan busana batik Tuban khas pesisir.  

Berbeda dengan fashion show pada umumnya, kali ini para peserta harus bergaya di atas catwalk pasir. Adanya tantangan tersebut, membuat para peserta untuk mengenakan gaun yang tidak merepotkan saat berjalan. 

Pembina Pokdarwis Pantai Semilir Socorejo Tuban, Zubas Arif Rahman Hakim menjelaskan, bahwa fashion show gadis pesisir di Pantai Semilir adalah sesion dua. Sesi pertama yaitu di awal pandemi tahun 2020 lalu. 

"Ini fashion show gadis pesisir yang kedua, dan antusias peserta sangat tinggi. Di mana semula yang mendaftar ada 39 peserta, lalu yang datang hari ini sekitar 26 gadis," ujar Arief Rahman saat dikonfirmasi blokTuban.com, Sabtu (24/9/2022). 

Baca juga :

Jika Kamu ke Tuban, Nikmati Senja Sejenak di Pantai Semilir

Muncul Plang Hak Milik Tanah di Area Pantai Semilir Tuban, Kades Socorejo : Biasa Saja Itu Tidak Ada Masalah

Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya

Arief berencana, akan menjadikan fashion show gadis pesisir sebagai agenda tahunan. Tujuannya selain untuk menggali bakat model di Tuban, juga mengenalkan batik Tuban kepada khalayak yang lebih luas. 

Di samping itu, dengan munculnya event gadis pesisir juga mendorong bangkitnya UMKM di wisata Semilir. Sebagaimana diketahui, dua tahun silam pandemi telah menghantam ekonomi para pelaku UMKM. 

"Multiplayer efeknya banyak acara Fashion Show Gadis Pantai Tuban ini. Bukan hanya untuk Desa Socorejo, tapi untuk Tuban dan Jawa Timur," imbuhnya. 

Sebagai dewan juri gadis pantai yaitu, Siti Nurjanah, Asniah Ariani, dan Eni Lestari. Di mana kriteria penilaian dalam festival batik seperti, keserasian dalam penampilan, enggak lenggok menurut musiknya, keindahan, dan nilai kesopanan.

Pada kesempatan itu, Dr. Kartika mewakili Ketum IKA UNAIR mengapresiasi event yang digelar oleh Desa Socorejo, Jenu. Mantan Wakil Bupati Lamongan itu, meyakini jika batik Tuban akan mampu go Internasional. 

"Fashion Show gadis pesisir harus dikembangkan lebih besar lagi. Agar menjadi wadah promosi batik khas Tuban," katanya. 

Bersamaan dengan acara 50 Tahun IKA UNAIR di Pantai Semilir, para tamu yang hadir kemudian melepas burung dara dan perkutut ke alam liar. Dengan harapan para burung tersebut dapat berkembang biak di kawasan Pantai Semilir. 

Diketahui, fashion show gadis pesisir dimulai sekitar pukul 10.00 Wib sampai selesai. Selain pengunjung wisata, dan pengurus IKA UNAIR, acara tersebut juga diramaikan oleh para pelajar di Socorejo yang ingin melihat festival batik Tuban tahun 2022. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS