Ini Doa dan Salat di Rabu Wekasan Agar Terhindar 320 Ribu Bencana dan Penyakit

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Umat muslim meyakini bahwa di hari Rabu wekasan atau Rabu terahir di bulan Safar, Allah SWT akan menurunkan banyak balak. Jumlahnya sekitar 320 ribu bencana dan penyakit, Selasa (20/9/2022).

Agar terhindari dan bencana dan penyakit tersebut, maka umat Muslim akan melaukan salat dan membaca doa sebanyak-sebanyaknya. Tujuannya diberikan keselamat dan keberuntungan di Rabu Wekasan tahun ini. 

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa doa yang dapat dipanjatkan di hari Rabu wekasan. Doa dapat dibaca sendirian atau berjamaah bersama anggota keluarga. 

 

Doa yang pertama yaitu : 

Allahummadfa’ ‘annal ghalaa’a wal wabaa’a wal fahsyaa’a wal munkara was suyuufal mukthalifata wasy syadaa’ida wal mihana maadhara minhaa wa maabaathana. Mim balaadinaa Indonesia khaasshataw wa saairil buldaanil muslimiina ‘aammatan yaa rabbal ‘alamin. Rabbana aatina fiddunya khasanah wafil aakhirati khasanah waqinaa ‘adzabannaar.

Artinya:

“Ya Allah, hindarkanlah dari kami kekurangan pangan, cobaan hidup, penyakit-penyakit, wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman-ancaman yang beraneka ragam, paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami Indonesia ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, Yaa Allah Ya Tuhan Sekalian alam."

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa neraka”.

Baca juga :

Doa yang Bisa Wujudkan Cita-citamu Cepat Tercapai

Golongan yang Doanya Mustajab, Salah Satunya Anak Yatim

Doa Sesudah Salat Tahajjud, Amalan Langsung dari Rasulullah SAW

Lalu, doa yang kedua :

Bismillahirrahmanirrahim. Wa shallallahu ta’ala ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala alaihi wa shahbihi ajma’in. A’udzu billahi min syarri hadzaz zaman wa ahlihi. Wa as’aluka bi jalâlika wa jalali wajhika wa kamali jalali qudsika an tujirani wa walidayya wa ahli wa ahbabi wa ma tuhithuhu syafaqatu qalbi min syarri hadzas sanati. Wa qini syarra ma qhaddaita fiha, washrif ‘anni syarra syahri shafar, ya Kariman nazhar, wakhtim li fi hadzas syahri wad dahri bis salamati wal ‘afiyati li wa liwadayya wa auladi wa li ahli wa ma tahuthuhu syafaqatu qalbi wa jami’il muslmin. Wa shallallahu ta’ala ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala ali wa shanbihi wa sallam.

Artinya:

“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah memberi manfaat kepada Tuan kami, Muhammad SAW dan keluarganya serta sahabatnya semua."

"Aku berlindung dari keburukan zaman ini dan orang-orang yang memiliki keburukan itu, dan aku memohon dengan wasilah kebingungan-Mu dan keagungan keridhaan-Mu serta keagungan kesucian-Mu, supaya Engkau melindungiku, kedua orangtuaku, keluargaku, dan orang-orang yang aku cintai dan sesuatu yang diliputi kasih sayangku, dari keburukan tahun ini, dan cegahlah aku dari keburukan yang telah Engkau tetapkan di dalamnya."

"Palingkanlah dariku keburukan di bulan Safar, wahai Zat Yang Memiliki Pandangan Yang Mulia. Akhirilah aku di bulan ini, di waktu ini dengan keselamatan dan sejahtera bagi kedua orang tuaku, anak-anakku, keluargaku, dan sesuatu yang diliputi kasih sayangku seluruhnya."

"Semoga Allah selalu memberi rahmat dan keselamatan kepada tuan kami Muhammad SAW, dan keluarganya, serta sahabatnya.”

Selain doa tersebut, kalian juga dapat melaksanakan salat tolak balak empat rokaat dengan dua kali salam. Tata caranya sama halnya dengan salat sunah pada umumnya, seperti salah sunah qobliyah shuhur atau subuh.

Untuk salat Rabu Wekasan niatnya

Usholli sunnatal lidaf’il balaa rokatainii lillaahi ta’ala

Artinya: “Saya salat sunnah untuk tola bala dua rakaat karena Allah Ta’ala”

 

Tata cara pelaksanaan salat tolak bala sendiri sama seperti salat sunah pada umumnya. Namun, bedanya adalah pada jumlah surat yang dibaca, yaitu:

 

1. Rakaat pertama membaca Al Fatihah, dilanjutkan dengan Al Kautsar sebanyak 17 kali

2. Rakaat kedua, setelah Al Fatihah diteruskan surat Al Ikhlas sebanyak 5 kali

3. Rakaat ketiga, setelah Al Fatihah kemudian membaca Al Falaq 1 kali

4. Rakaat keempat, membaca Al Fatihah dan dilanjutkan dengan An Nas 1 kali

 

Selain berdoa dan melakukan salat talak balak, umat muslim juga dianjurkan untuk bersedekah kepada yang membutuhkan. Harapannya di Rabu wekasan tahun ini keluarga dan desa bahkan negara Indonesia dijauhkan dari bencana dan penyakit. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS