Tekan Pengangguran, Job Fair Tuban Buka 2.300 Lowongan Pekerjaan Dalam dan Luar Negeri

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.comPemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, agaknya serius untuk menekan angka pengangguran masyarakat di wilayah Bumi Wali. Hal tersebut, dibuktikan dengan terselenggaranya Job Fair and Milenial Entrepreneur tahun 2022

Kegiatan tersebut, digelar di hall room Hotel Mustika Tuban selama dua hari berturut-turut mulai Rabu (15/9/2022). Bursa kerja itu, menyediakan kurang lebih sebanyak 2.300 lowongan pekerjaan, yang diikuti oleh 31 perusahaan. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Tuban, Sugeng Purnomo mengatakan jika tujuan dari kegiatan ini ialah untuk menurunkan angka pengangguran yang terbilang cukup tinggi di Kabupaten Tuban. 

“2.364 itu penempatan di Tuban, termasuk luar daerah bahkan luar negeri. Ada Malaysia, ada Taiwan. Tujuannya karena angkatan kerja atau tingkat pengangguran tinggi, sehingga kita membuka ruang atau peluang lapangan kerja yang ada,” paparnya saat dimintai keterangan, Kamis (15/9/2022). 

Baca juga :

6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?

BPS Catat 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur

- Lantik Pejabat Eselon II, Bupati Tuban Singung Kemiskinan dan Pengangguran

Untuk mengantisipasi kepadatan para pengunjung, lanjut Sugeng sapaan akrabnya bahwa ada beberapa perusahaan yang juga menerima pendaftaran melalui online. Mengingat, saat ini Pandemi Covid-19 masih belum hilang sepenuhnya di Bumi Wali ini. 

Di samping itu, hal tersebut juga diperuntukkan bagi masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari perkotaan, sehingga juga bisa ikut berpartisipasi dengan  mengakses lowongan pekerjaan secara mudah dan cepat. 

“Inipun bisa daftar disini dan bisa secara online, di perusahaan yang memang buka online. Memang itu antisipasi kita untuk kepadatan dan juga pandemi Covid-19 belum hilang, jadi ada beberapa antisipasi termasuk melalui sosial media dan juga bisa daftar langsung,” sambungnya. 

Lebih lanjut, Pemkab Tuban berharap dengan terselenggaranya kegiatan tersebut dapat memberikan multi efek, sehingga selain dapat menekan angka pengangguran juga diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. 

Tujuan akhirnya ialah mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Tuban. 

“Pengangguran bisa berkurang, sehingga harapan kita ada kemajuan dan ada peningkatan ekonomi, termasuk kesejahteraan masyarakat. Sehingga akhirnya juga mengurangi kemiskinan,” pungkasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS