Libatkan 30 Perusahaan, Ini Jumlah Lowongan yang Dibuka Pemkab Tuban dalam Bursa Kerja

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com  - Jumlah pencari kerja di Kabupaten cukup tinggi. Data resmi yang dirilis pemkan, rata-rata pencari kerja per tahun tak kurang dari 1.855 orang. Rata-rata mereka adalah angkatan kerja yang baru lulus sekolah atau kuliah.

Sedang sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban merilis, hingga akhir tahun 2021, terdapat 6.608 penduduk usia kerja di Kabupaten Tuban yang menganggur. Sebanyak 1.855 orang usia produktif bukan angkatan kerja, dan 6.106 orang usia kerja yang tidak bekerja akibat pandemi Covid-19.

Karena itu, Pemkab Tuban akan mengadakan job fair atau bursa kerja pada 14-15 September 2022 depan di Hotel Mustika jalan Teuku Umar Latsari Tuban.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kabupaten Tuban Sugeng Purnomo menjelaskan, dalam Job Fair and Milenial Entrepreneur tersebut, terdapat 1.500 lebih lowongan kerja dari 30 perusahaan, termasuk perusahaan besar yang beroperasi di Kabupaten Tuban. 

“Pasti ikut, bahkan ada lowongan untuk penugasan Tuban, luar daerah hingga luar negeri,” jelas Sugeng.

Mantan Camat Kerek ini mengungkapkan, Job Fair kali ini membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Tuban untuk terserap di bursa kerja. Apalagi, usai keterpurukan akibat pandemi covid-19 dua tahun belakangan, banyak angkatan kerja yang menganggur. 

Untuk itu, diharapkan jumlah lowongan yang dibuka dapat terpenuhi sehingga bisa mengurangi angka pengangguran terbuka di Kabupaten Tuban. 

“Jumlah pencari kerja kita ada 1.855 orang, ini anak- anak yang baru lulus atau usia kerja produktif yang membutuhkan pekerjaan,” terangnya. 

Agar kuota jumlah lowongan terpenuhi dan diisi oleh warga Kabupaten Tuban, pihaknya secara massive melakukan sosialisasi perihal event tersebut. 

“Kita sebar info ini di semua lini baik media sosial, hingga banner di kecamatan-kecamatan,” ungkapnya.

Adapun untuk info jenis lowongan, bisa diakses melalui laman resmi Disnakerin. disnakerind.tubankab.go.id atau scan barcode pada flyer yang sudah disebar melalui medsos.

Selain Job Fair pada kegiatan ini akan digelar juga pameran produk Industri kecil dan menengah (IKM) Kabupaten Tuban dan konseling bagi wirausaha baru.[ono]