Ziarah ke Tuban, Jangan Lupakan Oleh-oleh Khas Bonang

Kontributor : Almas Lailatul Mufida

blokTuban.com - Jika kalian ke luar kota pastinya buah tangan menjadi hal yang wajib bukan?. Sama halnya saat kamu berkunjung ke makam wali yang berlokasi di Kabupaten Tuban, Selasa (6/9/2022). 

Makam wali Sunan Bonang terkenal dengan keramaiannya yang hampir setiap hari. Peristirahatan wali ini terletak di sebelah barat Alun-alun Tuban, atau sebelah samping kanan dari Masjid Agung Tuban. 

Saat berkunjung ke tempat tersebut, jangan lupakan oleh-oleh khas bonang nya yang dapat ditemukan pada seberang pintu keluar makam Sunan Bonang. Kalian bisa menemukan toko ‘cemilan pak Har’ tepat depan gapura di sebelah kanan jalan begitu keluar dari makam. 

Salah satu penjual oleh-oleh khas Bonang Tuban, Tia mengaku telah berjualan selama 2 tahun terhitung sejak sang ayah sampai digantikan olehnya. Kisaran harga yang ditawarkan mulai dari Rp10.000 saja sudah dapat menggembirakan satu keluarga. 

“Yang paling laris itu ya jenang sama dodol, soalnya kan biasanya hanya tersedia dipusat oleh-oleh dan nggak di semua kota ada” ungkap wanita 20 tahun tersebut.

Baca juga :

10 Makanan Khas Semarang untuk Oleh-oleh Saat Liburan

Jenang Mocca dan Hitam, Jajanan yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh Peziarah Sunan Bonang Tuban

- Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan

Wanita muda itu mengaku bahwa warga lokal menjadi mayoritas pembeli di tokonya karena wilayah Tuban yang tergolong luas. Untuk waktu buka dimulai dari setelah subuh sampai jam 2 malam. 

Selain jenang dan dodol ada berbagai macam oleh-oleh yang bisa ditemukan disini seperti intip madu, cokelat, brem, rengginan khas, wingko, mlinjo olahan, dan lain-lain. 

“Kami ada Shopee untuk pesanan luar kota, kalau untuk orang dekat atau kerabat biasanya lewat WhatsApp, bisa juga pesan lewat TikTok shop. Untuk nama Shopee bisa dicari ‘Cemilan Pak Har’ dan TikTok shop dengan nama yang sama”  jelas Tia.

Sementara itu, di lokasi yang sama terdapat berbagai penjual dengan dagangan yang berbeda mulai dari cemilan, aksesoris, hingga makanan berat dijajakan. 

Diketahui bahwa di makam wali tersebut seringnya dipenuhi pengunjung pada hari minggu, di hari senin nya banyak pengunjung dari luar kota yang jumlahnya tidak sebanyak hari minggu. [Almas/Ali]

Artikel ini merupakan liputan kolaborasi anggota LPM Waskita Unirow Tuban dengan blokTuban.com.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS