Usir Burung Pipit Pemakan Padi, Petani Desa Compreng Tuban Gunakan Laser 303

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Cara unik mengusir burung pipit pemakan padi menjelang panen berbeda-beda. Ada yang menggunakan petasan, maupun suara kaleng yang diikat dengan tali dari jarak jauh. 

Di Desa Compreng, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, para petaninya memilih menggunakan laser 303 untuk mengusir burung yang dianggap sebagai hama padi itu. Laser 303 sendiri merupakan sebuah alat yang biasanya dipakai untuk meluruskan pemasangan material bangunan serta menunjuk bagian bangunan yang tinggi.

Kendati demikian, alat tersebut rupanya dapat juga untuk untuk mengusir burung pipit di sawah. Cara ini tergolong baru dalam dunia pertanian bahkan masyarakat Desa Compreng baru mengenal cara ini dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

“Kita baru mengetahui cara ini 3 tahun terakhir. Cara ini tergolong cukup efektif dalam mengusir burung-burung yang ada di sawah,” ucap Samsuri (40) kepada blokTuban.com, Senin (5/9/2022). 

Samsuri menambahkan, Laser 303 juga sempat viral ketika dulu digunakan oleh suporter sepak bola Malaysia pada ajang final AFF pada tahun 2010. Kala itu, saat melawan Timnas Indonesia. Akan tetapi, penggunaan laser ini hanya akan optimal ketika matahari sudah mulai tenggelam yaitu kisaran pukul 16.30 WIB sampai matahari tenggelam.

Baca juga :

Mengenal Istilah Nyanyat Dalam Menanam Padi di Tuban, Ternyata Ini Tujuannya 

Kemarau Tiba, Petani Tuban Sulap Tambak Jadi Areal Sawah

Musim Rendeng, Sawah Petani Compreng Berubah Jadi Tambak Ikan

Penggunaan laser tersebut, lanjutnya masih memiliki kekurangan yaitu hanya dapat digunakan ketika matahari sudah mulai tenggelam. Sebab, jika digunakan ketika matahari masih bersinar terang cahaya hijau yang dikeluarkan laser kurang begitu terlihat.

Sebagai gantinya, saat matahari masih terang pengusiran burung dilakukan dengan menggunakan teriakan dan harus berkeliling secara terus menerus. 

Adapun penggunaan laser tinggal mengarahkan laser ke pada segerombol burung yang sedang makan padi. Setelah mendapatkan tembakan sinar laser para burung tersebut akan terbang.

"Laser sendiri biasanya dibeli dari toko online dengan kisaran harga 50 sampai 100.000 tergantung toko penjualnya," tutupnya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS