8 Jenis Kecerdasan Anak, Kenali Kegemaran dan Kebutuhannya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Anak adalah anugrah unik dari Tuhan Yang Maha Esa (YME). Mereka memiliki kecerdasannya masing-masing. Sebagai orang tua tidak disarankan memaksanakan kehendaknya, bila buah hatinya kurang cerdas di bidang tertentu. 

Melansir akun instagram @ellyrismanparenting, menurut Gardner, Multiple Intelligences mengartikan kecerdasan sebagai kemampuan memecahkan masalah, menciptakan produk bernilai dalam suatu budaya. 

Gardnet menyebutkan ada 8 kecerdasan pada anak dan kecerdasan itu perlu dikembangkan maksimal sejak usia dini supaya bermanfaat bagi buah hati anda. Melalui stimulus yang tepat, maka anak akan mudah melakukan dan mengeksplor bakat yang dimilikinya. 

Bagi ayah dan bunda yang belum mengetahui 8 kecerdasan yang dimaksud oleh Gardner, simak ulasan berikut ini:

 

1. Anak cerdas bahasa (Lingustik) 

Artinya cara berpikir buah hati anda melalui kata. Kecerdasan jenis ini memiliki kegemaran membaca, menulis dan bercerita. Orang tua harus mencukupi kebutuhan si anak agar bakatnya berkembang, mulai menyediakan buku, alat tulis, alat rekam, jurnal, dan sesering mungkin mengajaknya mengobrol. 

 

2. Anak cerdas matematis (Logis) 

Anak jenis ini berpikir dengan cara melalui penalaran. Cenderung gemar bereskperimen, tanya jawab, dan berhitung. Untuk mengembangkan kecerdasannya, orang tua dapat mencukupi kebutuhannya misalnya dengan memberinya buku, percobaan, teka-teki, museum, dan pengetahuan. 

 

3. Anak cerdas spasial

Si anak memiliki cara berpikir melalui ruang dan gambar. Ayah dan bunda jangan kaget bila buah hatinya memiliki kegemaran mendesain, menggambar, dan corat-coret. Ini artinya anak anda cerdas spasial. Untuk mendukungnya dapat dicukupi kebutuhannya, seperti menunjukkannya video, film, lego, dan permainan imajinasi.

 

4. Anak cerdas kinestesis jasmani

Cara berpikir anak ini melalui sensasi fisik. Mereka dapat dilihat dari kegemarannya seperti menari, berlari, dan melompat. Untuk mendukungnya, orang tua dapat mencukupi kebutuhannya misalnya, bergerak, berolahraga, dan menari. 

 

5. Anak cerdas musikal 

Cara berpikir anak seperti ini melalui irama dan nada. Mereka lebih gemar bernyanyi, bersenandung, hingga bermain musik. Yang dibutuhkan anak seperti ini yaitu, paduan suara, main alat musik, bernyanyi bersama, dan menonton konser. 

 

6. Anak cerdas interpersonal

Buah hati ini memiliki cara berpikir dengan berinteraksi dengan orang lain. Mereka lebih gemar memimpin, mengorganisir, dan mengobrol. Hal yang mereka butuhkan yaitu teman, pertemuan sosial, dan organisasi. 

 

7. Anak cerdas intrapersonal 

Berlainan dengan sebelumnya, anak seperti ini memiliki cara berpikir berhubungan dengan perasaan dan refleksi. Nampak mereka lebih gemar menyusun tujuan, melamun, dan merencanakan. Kebutuhan anak jenis ini yaitu memiliki tempat rahasia, waktu menyendiri, dan kegiatan yang direncanakan sendiri. 

 

8. Anak cerdas naturalis

Anak yang satu ini berpikir melalui alam dan makhluk hidup. Mereka lebih gemar memelihara binatang, berkebun, dan peduli pada lingkungan. Kebutuhan yang mereka inginkan yaitu akses ke alam, bercocok tanam, dan mendaki gunung. 

Setelah mengetahui 8 jenis kecerdasan pada anak, ayah dan bunda tentu harus tahu jenis kecerdasan apa pada anak anda. [Ali] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS