Pesta Kembang Api dan Tari Lencir Kuning Jadi Pembuka Tuban Specta Night Carnival

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pesta kembang api dan penampilan tari Lencir Kuning dari pelajar SMKN 2 Tuban menjadi pembuka acara Tuban Specta Night Carnival, Sabtu (27/8/2022). 

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky sekitar pukul 19.45 Wib itu dihadiri ribuan warga Tuban dan sekitarnya. Para penonton telah memadati Alun-alun sebelum pukul 18.00 Wib. 

Ketua Pelaksana Tuban Specta Night Carnival, Eko Julianto menjelaskan, bahwa tujuan digelar acara carnival ini untuk menyemarakkan HUT ke-77 kemerdekaan RI. Selain itu, memberi hiburan masyarakat dan menggerakkan ekonomi pasca pandemi Covi-19 dua tahun. 

"Ada 47 peserta terdiri dari SMP 19 kelompok, SMA 15 kelompok, Perguruan Tinggi (PT) 4 kelompok, komunitas seni 7 kelompok, Cung Nduk 1 kelompok, dan Paskibraka 1 kelompok kelompok. Nomonasinya ada 2 jenjang yaitu SLTB dan SLTA dan PT sederajat. Penilaiannya 3 besar panyaji pawai terbaik dan mobil hias," kata Eko Julianto selaku Kadinsos P3A serta PMD Tuban dalam sambutannya. 

Selepas dibuka oleh Bupati Tuban, satu persatu peserta carnival berjalan menampilkan beragam adat dan kesenian nusantara. Baik Tuban sendiri seperti Lanjar Maibit, dana Dandang Wacana serta adat dari daerah lain, seperti Bali, Kalimantan, Maluku, hingga Papua. 

Acara yang dimulai dari patung kuda Alun-alun Tuban itu, akan berakhir di GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban. Beberapa ruas jalan ditutup untuk mendukung acara, mulai Jalan Sunan Bonang, Jalan Veteran, Jalan Basuki Rahmat, dan Jalan Sunan Kalijaga Tuban. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS