Penyembuhan dengan Metode Ruqyah Berdasarkan Al-Qur'an

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam masyarakat Islam, terdapat yang namanya metode penyembuhan ruqyah berdasarkan ayat Al-Qur'an. 

Praktek metode ini dijalankan dengan yakin dan percaya terhadap Al-Qur'an yang memiliki mukjizat terhadap penyembuhan penyakit. 

Orang muslim dapat memaksimalkan ruqyah sebagai bentuk praktik pengobatan dengan ayat-ayat Al-Qur’an, doa-doa, atau zikir-zikir khusus untuk menyembuhkan orang yang memiliki keluhan penyakit medis ataupun nonmedis. 

Praktik pengobatan rudyah ini menurut firman Allah, Surat Al-Isra ayat 82 sebagaimana berikut:

  وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا  

Artinya, “Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian.” (Surat Al-Isra ayat 82).

Sementara itu, dikutip dari NU Online Imam Fakhruddin ar-Razi dalam tafsirnya menyampaikan, kata syifâ berarti penawar atau obat. Yang mana mengartikan Al-Qur’an bisa menjadi obat baik untuk penyakit rohani atau jasmani.  

Lebih tegas, Ar-Razi menyatakan, pada masa dulu mayoritas filsuf dan ahli pembuat jimat mampu menyembuhkan penyakit dengan dengan menggunakan bacaan selain Al-Qur'an.

"Maka jelas Al-Qur’an lebih manjur karena sudah mendapat legalitas teologis. Rasulullah saw sendiri telah menyampaikan, ‘Siapapun yang tidak (mencari) kesembuhan dengan Al-Qur’an, maka Allah tidak akan memberikan kesembuhan baginya.” (Ar-Razi, Tafsir Al-Kabir, tanpa tahun: juz XXI, halaman 34).

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS