3 Hal yang Dapat Disiapkan Agar Lolos Wawancara Kerja

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tidak semua pencari kerja siap mental dan fisik menghadapi momen wawancara kerja. Sebagian terkadang masih kebingungan dengan hal apa yang sebaiknya disiapkan, Minggu (14/8/2022).

Mengutip IG Mudah Cari Kerja, Bang Thama pemilik akun tersebut menjelaskan detail hal apa yang dapat disiapkan. Jawaban-jawaban yang relate dengan skill menjadi hal utama yang harus disiapkan oleh pencari kerja. 

Sesekali role play atau tanya jawab seputar pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan saat wawancara kerja. Ketiga, memastikan sudah melakukan riset terkait perusahaan yang akan dilamar. 

Bagi yang masih belum paham, lebih detailnya seperti ini. Menyiapkan jawaban yang relate maksudnya untuk dapat tampil stand out saat wawancara kerja, tentu harus menyiapkan jawaban yang sesuai. Skill yang dimaksud yaitu sesuai atau terkait dengan posisi yang ingin kamu lamar. 

Contohnya seperti ini, HRD bertanya apa alasanmu melamar di perusahaan ini? Jawaban yang harus diutarakan, yaitu pertama karena adanya kesesuaian skill yang saya miliki sebagaimana yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini bapak atau ibu. 

Di samping itu, saya melihat adanya kesempatan karir yang jelas nantinya dapat membantu dalam mencapai target karir yang saya inginkan. 

Berikutnya, yaitu berlatih wawancaraa kerja dengan metode role play karena akan membuatmu semakin siap menjawab setiap pertanyaan dari HRD. Hal positif lain yang didapat yaitu, rasa kepercayaan diri bertambah, hingga mengurangi rasa grogi berlebih dalam wawancara. 

Maksud dari riset perusahaan yang akan dilamar, yaitu karena pada saat wawancara si HRD akan memberikan seputar pertanyaan apa yang kamu tahu tentang perusahaan ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentu butuh riset, baik segi budaya perusahaan, produk, visi misinya, sampai image perusahaannya. 

Itulah 3 hal yang dapat dipersiapkan oleh pencari kerja y. Share jika artikel ini bermanfaat buatmu. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS