3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Momen interview kerja bukan hanya soal tanya jawab antara HRD dan calon kandidat pekerja. Di dalam kesempatan itu juga ada beberapa hal yang boleh dan seharusnya tak dilakukan saat wawancara berlangsung. 

Mengutip IG Mudahcarikerja, bahwa ada tiga hal yang sebaiknya tidak dilakukan oleh para pencari kerja. Seperti, jangan menunjukkan sikap yang cuek, dan tidak serius. Dua sikap tersebut akan nampak dari ekspresi wajah atau feedback yang pencari kerja berikan ke HRD. 

Kedua, jangan asal menjawab pertanyaan yang diberikan oleh HRD. Terakhir jangan pernah memotong obrolan di HRD saat sedang berbicara dengan kamu. Alasan kenapa tiga hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan, karena HRD akan kurang tertarik dengan sikap cuekmu. 

Baca juga :

2 Alasan HRD Tidak Kasih Tahu Kandidat yang Ditolak

Lowongan Kerja di Anak Perushaan Bank Mandiri, MUF Buka Rekrutmen untuk D3 dan S1 Penempatan Lamongan

- Lowongan Kerja 5 Formasi PT Kobe Boga Utama Penempatan Bojonegoro

Sebaliknya, kamu harus menunjukkan sikap serius bahwa ingin bergabung dengan tim perusahaan tersebut. Alasan selanjutnya, HRD akan menilai setiap jawaaban yang kamu ucapkan, sehingga berikanlah jawaban terbaikmu. Begitupula memotong pembicaraan HRD, juga akan dinilai bahwa kamu kurang sopan saat orang lain sedang berbicara.

Kesempatan kerjamu di perusahaan yang kamu inginkan akan gagal total, ketika si HRD sudah menangkap bahwa kamu adalah kandidat yang tidak pernah bersungguh-sungguh. Contohnya, saat ditanya apa alasanmu melamar di perusahaan ini? dan kamu menjawab karena saya butuh pekerjaan. Itulah salah satu jawaban yang tida serius dan terkesan main-main. 

Lebih baik, utarakan skill dan pengalaman kerjamu sebelumnya kepada HRD untuk mempromosikan dirimu lebih baik. Buat para pencari kerja, dapat memperhatikan tiga hal tersebut dan silakan bagikan artikel ini bila dirasa bermanfaat buatmu. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS