Doa Ketika Marah yang Diajarkan Rasulullah Kepada Siti Aisyah

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Ketika marah terkadang seseorang tidak bisa menahan emosi. Namun cobalah mengendalikan amarah tersebut dengan membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini.

Konon istri Rasulullah, Siti Aisyah ra pernah dilanda kemarahan. Untuk meredakan rasa marah tersebut, Rasulullah menganjurkan untuk membaca doa yang bunyinya:

اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ اغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ ØŒ وَأَذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِيْ ØŒ وَأَجِرْنِيْ مِنْ مُضِلَّاتِ الفِتَنِ 

Allâhumma Rabban nabiyyi Muhammadin, ighfirlî dzanbî, wa adzhib ghaizha qalbî, wa ajirnî min mudhillātil fitani. 

Artinya: “Ya Allah, Tuhan Nabi Muhammad, ampunilah dosaku, redamlah murka hatiku, dan lindungilah diriku dari pengaruh (setan) yang menyesatkan dalam cobaan.” 

Terkait:

Dilansir dari laman NU Online, doa di atas merupakan sebuah riwayat hadist yang ditemukan dalam kitab Ihya Ulumudin yang dikutip Imam Al-Gazali. Doa tersebut dikategorikan sebagai bacaan untuk mengendalikan amarah. 

Selain membaca doa tersebut, terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk menurunkan tensi kemarahan. Amalan untuk menenangkan diri dengan berwudhu, jika belum mereda cobalah untuk duduk dan ketika belum cukup juga maka berbaringlah. 

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS