Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Sejumlah warga di Desa Wukiharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban antusias mengikuti pelatihan pembuatan nugget jagung, jamur jagung, hingga bouket, Selasa (9/8/2022). 

Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) warga desa di Tuban selatan itu, menjadi rangkaian program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2022 yang digawangi oleh para mahasiswa Universitas Bojonegoro (Unigoro) bersama dengan Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban. 

Sebagai wilayah yang kaya akan hasil pertanian jagung, mahasiswa dari kedua kampus tersebut lalu muncul ide untuk mengolahnya. Sebab, harga jagung pipilan kering di laman Siskaperbapo Jawa Timur pada 9 Agustus 2022 hanya Rp5.500 per Kilogramnya. 

Baca juga :

KKN Unigoro-Unirow Dampingi UMKM Penghasil Kripik di Tuban dari Packaging hingga Merk Dagang

Mahasiswa Unirow Tuban KKN Luring Perdana Setelah Pandemi

Hari Ini, 408 Mahasiswa Unirow Tuban dan Unigoro Bojonegoro Mulai KKN di 20 Desa

Harga jual tersebut tentu tidak imbang dengan modal petani untuk menanamnya. Dari problem itulah, pelatihan pengolahan jagung menjadi nugget dan jamur dilakukan. Animo warga sangat tinggi dan didukung oleh perangkat Desa Wukirharjo serta Dosen pendamping dari Unigoro dan Unirow.

"Berdasarkan survey yang telah dilakukan menujukkan bahwa banyaknya hasil tanam masyarakat Wukirharjo berupa jagung. Yang mayoritas hasil panen tersebut hanya dijual mentahan tanpa adanya inovasi penambahan nilai jual," Ungkap Ketua Kelompok 25 KKN Unigoro, Anang Bayu Wicaksono dalam keterangannya. 

Dari hasil survey yang dilakukan tersebut, maka KKN kolaborasi ini akhirnya memilih untuk mengadakan pelatihan yang identik dengan jagung dengan nilai jual yang tinggi. Untuk pembuatan jamur jagung sendiri masyarakat diajari untuk memanfaatkan bonggol jagungnya. 

Selain olahan jamur, pelatihan bouket juga diberikan kepada masyarakat dan pemuda. Sebab, bisnis bouket saat ini sedang ngetren baik untuk acara ulang tahun, wisuda, hingga pernikahan. 

"Semoga dengan pelatihan ini, jiwa wirausaha warga Desa Wukoharjo, Kecamatan Parengan bangkit dan menambah pendapatan ekonomi keluarga," tutupnya. [Sav/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS